UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI KERAGAMAN TUMBUHAN OBAT PADA TINGKAT FAMILI DI DESA NGADAS, KECAMATAN PONCOKUSUMO, KABUPATEN MALANG

SOBIRIN, AHMAD (2012) IDENTIFIKASI KERAGAMAN TUMBUHAN OBAT PADA TINGKAT FAMILI DI DESA NGADAS, KECAMATAN PONCOKUSUMO, KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadsobir-28638-2-babi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadsobir-28638-1-pendahul-n.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki banyak suku tradisional, salah satunya adalah suku Tengger yang hidup disekitar lereng gunung Bromo. Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang merupakan salah satu Desa Suku Tengger yang mampu mempertahankan budaya di tengah derasnya arus globalisasi. Indonesia termasuk negara terkaya kedua setelah Brazil dalam hal kekayaan hayati, diantaranya Indonesia memilki sekitar 30.000 jenis tanaman obat, dan dari semua itu baru 5 yang menjadi produk herbal terstandar.Dalam beberapa tahun belakangan pola hidup kembali ke alam (back to nature) telah menjadi gaya hidup yang mulai popular. Banyak kalangan lebih memilih menggunakan obat tradisional dari alam sebagai usaha menjaga kesehatan atau menyembuhkan penyakit dan sebesar 50% penduduk Indonesia pernah mengonsumsi jamu, namun masyarakat belum banyak yang mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan yang biasanya digunakan sebagi obat di suatu masyarakat tertentu. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran keadaan masyarakat suku Tengger dalam memanfaatkan jenis-jenis tumbuhan sebagai bahan obat dan tumbahan obat apa saja yang baiasanya digunakan sebagai obat. Suku Tengger dipilih karena merupakan salah satu suku asli Indonesia yang berada di daerah Jawa Timur dan masih memegang erat kearifan lokalnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan metode diskriptif dan menggunakan teknik purposive sampling, yang mana sampel diambil dengan maksud atau tujuan tertentu berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel yang diambil didasarkan pada hasil wawancara kepada pihak yang dianggap memilki informasi tentang tanaman obat. Berdasarkan penelitian tersebut didapat data jenis family tumbuhan yang digunakan sebagi obat yaitu ; Myrtaceaea, Zingiberaceae, Basellaceae, Crassulaceae, Rubiaceae, Poaceae, Portulaceae, Musaceae, Acoraceae, Apiaceae, Solanaceae, Liliaceae. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat Desa Ngadas yang merupakan suku Tengger masih menngunakan tanaman oabat sebagai pilihan dalam menyembuhkan penyakit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 03:38
Last Modified: 02 May 2016 03:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28834

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo