UMM Institutional Repository

KAUM MARGINAL DALAM KONSTRUKSI MEDIA (Analisis Wacana tentang Relokasi PKL Pada Surat Kabar Jawa Pos dan Republika Edisi Mei 2010)

Sriani, (2011) KAUM MARGINAL DALAM KONSTRUKSI MEDIA (Analisis Wacana tentang Relokasi PKL Pada Surat Kabar Jawa Pos dan Republika Edisi Mei 2010). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sriani0622-21566-PENDAHUL-N.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sriani0622-21566-BAB+I.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Kebijakan pemerintah dalam melakukan relokasi PKL selalu menarik untuk disimak. Bukan hanya karena kebijakan tersebut menghadirkan perlawanan dari berbagai pihak tetapi juga sering dikaitkan dengana adanya "kepentingan lain" di balik kebijakan tersebut. Relokasi pedagang dan PKL di Pasar Keputran merupakan salah satu contoh yang turut terseret dalam kebijakan tersebut. Pro kontra terjadi diantara para pedagang dan PKL yang direlokasi, sebagian menyambut baik dengan relokasi tersebut dan sebagian lagi menolak dengan keras. Dengan melihat fenomena tersebut maka pemberitaan di media akan beraneka ragam karena agen terpenting untuk mendefinisikan suatu kelompok adalah media. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai obyek penelitian adalah surat kabar Jawa Pos dan Republika dengan tujuan untuk melihat bagaimana kedua media ini mewacanakan realitas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interpetatif dengan menggunakan analisis wacana model Theo Van Leeuwen. Model analisis ini menampilkan bagaimana pihak-pihak dan aktor (bisa seseorang atau kelompok) ditampilkan dalam pemberitaan. Analisis wacana ini memusatkan pada dua pusat perhatian yakni pertama, proses pengeluaran (exclusion) dimana dalam suatu teks berita, ada kelompok atau aktor yang dikeluarkan dalam pemberitaan. Kedua, proses pemasukan (inclusion) dimana suatu kelompok itu ditampilkan dalam pemberitaan. Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa surat kabar Jawa Pos dan Republika dalam mewacanakan relokasi PKL agak berbeda. Kedua surat kabar ini menyikapi relokasi PKL dengan perspektif yang berbeda. Pada surat kabar Jawa Pos melalui strategi inclusion-nya pemberitaan lebih ditampilkan dengan kalimat yang menunjukkan PKL memang tidak seharusnya ada di Keputran dengan alasan mengganggu kepentingan masyarakat luas. Strategi tersebut disadari atau tidak telah ikut ‘memprovokasi’ untuk membela apa saja yang berbau penertiban, termasuk merelokasi pedagang dan PKL di Keputran. Sedangkan pada surat kabar Republika melalui strategi exclusion-nya, posisi PKL dalam pemberitaan justru mendapatkan pembelaan karena Republika menuliskannya dengan menggunakan kalimat yang menunjukkan relokasi tersebut dilaksanakan dengan paksaan dan tanpa ada kesepakatan dari pedagang lain maupun para PKL. Tak hanya itu, pada strategi inclusion relokasi PKL tersebut digambarkan berunsur politis yang dilakukan oleh pemerintah karena ada kepentingan-kepentingan yang terkait di dalam kebijakan itu. Kedua surat kabar ini memahami berbeda realitas tersebut dikarenakan ideologi yang melatarbelakangi keduanya. Jawa Pos memahami realitas tersebut dengan mengedepankan realitas dan rasionalitas. Sedangkan ideologi yang melatarbelakangi Republika adalah kerakyatan, sehingga apa pun bentuk yang merugikan rakyat kecil harus dibela dan diperjuangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 03:35
Last Modified: 02 May 2016 03:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28831

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo