UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN IKLAN PROVIDER SELULER DI TELEVISI (Analisis Komparatif Unsur JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG VERSI RAMADHAN Unsur-unsur Iklan pada Produk Mentari dan Axis)

WITRIANA, (2011) PERBANDINGAN IKLAN PROVIDER SELULER DI TELEVISI (Analisis Komparatif Unsur JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG VERSI RAMADHAN Unsur-unsur Iklan pada Produk Mentari dan Axis). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-witriana06-21567-PEMDAHUL-N.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-witriana06-21567-BAB+I.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan media yang jitu bagi produsen untuk memperkenalkan barang atau jasa yang dihasilkan dengan harapan konsumen menjadi menarik dan membelinya, kebanyakan iklan televisi menawarkan produk, baik itu produk kecantikan, kesehatan, makanan, minuman dan lain sebagainya. Semakin banyak iklan-iklan yang muncul pada jeda iklan favorit tentunya memiliki keunikan dan cara yang berbed pula dan tentunya memiliki satu tujuan yaitu memperoleh keuntungan (khususnya iklan produk). Berdasarkan dengan banyaknya iklan yang bermunculan, peneliti tertarik untuk mengkomparasikan dua iklan untuk mencari persamaan dan perbedaan unsur-unsur iklan didalamnya. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana komparasi dari Iklan AXIS dan Mentari versi Ramadhan. Dunn dan Barban dalam widyatama (2007:15) menuliskan bahwa iklan merupakan bentuk kegiatan komunikasi non personal yang disampaikan lewat media dengan membayar ruang yang dipakainya untuk menyampaikan pesan yang bersifat membujuk (persuasif) kepada konsumen oleh perusahaan lembaga non komersial, maupun pribadi yang berkepentingan. Tipe atau jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-komparatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika. Unit analisis yang digunakan adalah scene yang mengandung unsur iklan yang sama. Analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif yaitu menyaksikan dan mengamati keseluruhan iklan, memilah scene atau adegan degan pencatatan adegan cerita pada kedua iklan. Memilih cerita dalam scene yang memiliki persamaan unsur naratif pada kedua iklan Mengkomparasikan unsur-unsur iklan yang ada dalam kedua iklan yang dilakukan dalam tiap scene. Setelah didapatkan komparasi unsur iklan, maka tahap selanjutnya adalah menganalisi kembali data yang terangkum dalam tiap sebuh adegan atau rangkain adegan. Tahap akhir dilakukan kesimpulan yang diperoleh dari komparasi data. Berdasarkan analisa data komparasi pada iklan AXIS dan Mentari versi Ramadhan, peneliti menemukan beberapa kesamaan dan perbedaan berdasarkan unsur iklan, pada unsur iklan video, audio, dan talents peneliti menemukan beberapa kesamaan yaitu pada konsep Ramadhan, penggunaan bahasa persuasif dalam menawarkan produk dan menarik pelanggan, dan sama-sama menggunakan karakter anak pada iklan AXIS dan Mentari. Sedangkan perbedaan dari iklan AXIS dan Mentari Ramadhan mencakup keseluruhan unsur iklan yang terdiri dari video, audio, talents, props, setting, lighting, dan graphics. Perbedaan yang ada terdapat pada setting tempat, lighting, penggunaan audio, graphic, dan pacing pada akhir iklan. Pada setting tempat, AXIS memilih setting outdoor, sedangkan Mentari mengambil setting indoor. Pada lighting, AXIS memakai keylight, sedangkan Mentari memakai fill light dan difuse, karena mengambil setting indoor. Penggunaan audio pada AXIS dan Mentari menyesuaikan dengan alur cerita iklan masing-masing. Pada pacing, AXIS lebih menekankan pada gambaran visual disertai monolog, sedangkan Mentari menonjolkan graphic senyum Indosat dan disertai monolog. Berdasarkan kesamaan dan perbedaan unsur-unsur iklan yang meliputi video, audio, talents, props, talents, graphic, setting tempat dan pacing, peneliti dapat menyimpulkan bahwa komparasi kedua iklan ini secara umum pada fasilitas dan bonus provider, dan segmentasi iklan itu sendiri. Sehingga alur cerita yang dibuat lebih menyesuaikan, dan hal ini yang dianggap peneliti memberikan perbedaan pada kedua iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 03:32
Last Modified: 02 May 2016 03:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28827

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo