UMM Institutional Repository

DOMESTIFIKASI PEREMPUAN DALAM IKLAN Studi Semiotika pada Iklan "Mama Suka", "Mama Lemon", dan "BuKrim"

Andini, Giacinta (2011) DOMESTIFIKASI PEREMPUAN DALAM IKLAN Studi Semiotika pada Iklan "Mama Suka", "Mama Lemon", dan "BuKrim". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-giacintaan-21568-PENDAHUL-N.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-giacintaan-21568-BAB+I.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Televisi merupakan jenis media massa paling diminati di Indonesia. Kehadirannya memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Sebagian besar isi di dalam televisi adalah iklan, dapat dipercaya jika iklan dapat dengan mudah mempersuasi pemirsanya. Dan iklan dibuat pada umumnya berdasarkan realita kehidupan yang ada, disajikan dengan adegan se-alami mungkin (slice of life). Tetapi justru iklan-iklan yang seperti itu akan semakin memperkuat dan mempertegas stereotipe-stereotipe, nilai-nilai yang telah ada. Maka tidak heran ketika kita melihat iklan sabun cuci piring adegannya adalah seorang ibu yang sedang mencuci piring di dapur, Dan akhirnya pikiran kita dikonstruksi oleh iklan kalau yang pekerjaannya mencuci piring adalah seorang perempuan. Contoh iklan-iklan yang disajikan sealami mungkin adalah iklan-iklan produk rumah tangga. Seperti iklan "Mama Suka", "Mama Lemon", dan "BuKrim". Isu yang hingga saat ini tidak ada matinya untuk dibicarakan, yaitu persoalan gender. Begitu pula yang terjadi di dunia periklanan Indonesia, secara sadar atau tidak sadar produsen iklan selalu saja memposisikan perempuan kurang positif sehingga bias gender masih mendominasi periklanan Indonesia. Peletakan peran perempuan di ranah domestik di dalam periklanan Indonesia juga merupakan permasalahan gender. Iklan yang terus menerus menggunakan konsep seperti itu akan membentuk pola pikir masayarakat, dan kemudian menjadikannya nilai-nilai dalam hidup. Hal tersebut tidak di sadari oleh produsen iklan, dengan selalu meletakan perempuan didalam ranah domestik di iklan yang dibuat, akan semakin memperkuat pemikiran-pemikiran bahwa ranah domestik dimiliki oleh perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik analisa semiotika dan gunanya adalah untuk meneliti makna di balik tanda yang ada dalam iklan "Mama Suka", "Mama Lemon", dan "BuKrim" dengan menggunakan metode pemaknaan dua tahap Roland Barthes. Data dibaca, dianalisis secara kualitatif. Kemudian di kelompokkan bedasarkan klasifikasi yang telah di buat (relasi, wardrobe, setting dan teks). Kemudian memasukkan data-data yang telah diperoleh pada langkah pertama ke tabel analisis denotatif dan memasukkan ke dalam tabel analisi konotatif. Dalam ketiga iklan tersebut menunjukkan besarnya peran dan tanggung jawab seorang wanita (ibu) dalam menjaga dan mengelola urusan rumah tangga. Pada iklan pertama (Mama Suka), seorang perempuan didalam rumah tangga harus bisa memberikan yang terbaik dan mampu melayani keluarganya. Pada iklan ke dua (Mama Lemon), dalam keadaan apapun seorang perempuan harus bisa meyelesaikan tugas-tugas rumah tangga. Sedangkan dalam iklan yang ketiga (BuKrim), perempuan harus teliti dalam pekerjaannya di rumah sehingga tidak ada pekerjaan yang kurang sempurna. Ketiga iklan tersebut sama sekali tidak lepas dari mitos yang ada didalam masyarkat. Selain adegan yang ada di dalam iklan, pemilihan ‘merk’ produk juga mempengaruhi dan memperkuat isi pesan, bahkan dapat memperkuat stereotipe perempuan. Tanpa disadari selain isi iklan, merk produk juga ikut mengkonstruksi pikiran. Pada umumnya pemilihan merk pada suatu produk menyesuaikan dengan produk itu sendiri, siapa sasaran targetnya, kapan harus menggunakannya, dan mengapa harus meggunakannya. Sehingga ketika terdengar atau melihat branding produk tertentu akan secara langsung dapat tergambar dalam pikiran, dan jadi bisa tau sasaran yang ingin dituju oleh produsen iklan. Semua yang ada di ketiga iklan ini mendomestifikasikan perempuan, mulai dari adegan, pemilihan talent, setting, serta branding dari produk tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 03:26
Last Modified: 02 May 2016 03:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28825

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo