UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) DENGAN TUGAS MENULIS JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Mukono, Imam (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) DENGAN TUGAS MENULIS JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imammukono-28899-1-pendahul-n.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imammukono-28899-2-babi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imammukono-28899-2-babi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imammukono-28899-1-pendahul-n.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang kelas VII-B ditemukan bahwa hasil belajar biologi siswa masih rendah yaitu memiliki rata-rata nilai akhir 70,46. Sedangkan kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah adalah 75. Berdasarkan hasil observasi yang menjadi penyebab rendahnya nilai tersebut adalah selama proses pembelajaran berlangsung, siswa hanya menyimak buku paket dan guru menyampaikan materi secara langsung. Kebanyakan dari siswa ketika mengerjakan latihan soal mereka tidak mencoba mengerjakan sendiri sesuai dengan kemampuanya, tetapi mereka lebih suka mencontek pada temanya. Guru juga mengeluhkan kalau siswa tidak mau menanyakan materi yang belum dipahami dalam proses pembelajaran. Ketika guru melanjutkan materi ke bab berikutnya siswa mengalami kesuliitan padahal materi tersebut masih berhubungan dengan materi yang sudah dipelajari. Untuk itu perlulah matode pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk tidak bergantung pada orang lain dan juga merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, metode yang dimaksud yaitu kooperatif tipe TAI dengan tugas menulis jurnal belajar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan tugas menulis jurnal belajar dapat meningkatkan hasil belajar. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan tugas menulis jurnal belajar. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan tugas menulis jurnal belajar dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: mempelajari materi secara individu, mendiskusikan hasil belajar individu dengan teman sekelompoknya, membantu teman yang mengalami kesulitan, membuat rangkuman, guru memberikan penguatan materi, memfasilitasi siswa untuk menulis jurnal belajar, mengalami peningkatan pada siklus I dan II. 2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siklus I presentase hasil belajar siswa yang tuntas yaitu 67,85% mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 89, 28%. Sedangkan ketuntasan individu pada siklus I 71,78 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81, 42.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 03:22
Last Modified: 02 May 2016 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28822

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo