UMM Institutional Repository

HUBUNGAN PELAKSANAAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TUREN KABUPATEN MALANG

HANTONO, MISDI (2013) HUBUNGAN PELAKSANAAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TUREN KABUPATEN MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-misdihanto-33870-2-bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-misdihanto-33870-1-pendahul-n.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

Tata tertib merupakan pranata sekolah yang penting dalam menciptakan suasana belajar mengajar yang kondosif di sekolah. Peserta didik wajib dan harus mentaati peraturan tata tertib yang berlaku. Peserta didik berharap dan diharapkan meraih prestasi hasil belajar IPA yang tinggi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan mutu pelaksanaan tata tertib peserta didik dan prestasi hasil belajar serta menjelaskan hubungan tiap komponen tata tertib yang meliputi kelakuan, kerajinan dan kerapian terhadap hasil belajar bidang IPA yang meliputi fisika, kimia dan biologi pada berbagai aspek evaluasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Penelitian yang laksanakan di SMA Negeri 1 Turen mulai Juli 2011 sampai Januari 2012 merupakan penelitian deskriptif analitik. Responden merupakan siswa kelas XI IPA sebanyak 75 siswa. Data mutu pelaksanaan tata tertib ditentukan dengan menilai skor kusioner yang diisi oleh responden ke dalam kategori yang ditentukan. Nilai hasil belajar ditentukan dari nilai rapor responden. Intrumen kuisioner sebelum digunakan diuji validitas dan realibilitas. Data hasil penelitian selain ditampilkan dalam bentuk deskripsi juga diuji asumsi multikolinieritas, heteroskedastisitas, normalitas, autokorelasi untuk menentukan layak tidaknya dilanjutkan pada uji selanjutnya yang meliputi korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan kepatuhan peserta didik dalam melaksanakan tata tertib peserta didik dalam kategori baik dan baik sekali. Hasil belajar bidang IPA peserta didik dalam kategori baik dan baik sekali pada semua aspek evaluasi. Terdapat hubungan positif yang kuat antara mutu pelaksanaan tata tertib tiap komponen, baik kelakuan, kerajinan dan kerapian terhadap hasil belajar bidang IPA pada semua aspek evaluasi. Terdapat hubungan yang positif yang kuat secara bersama-sama pada mutu pelaksanaan semua tata dengan hasil belajar bidang IPA pada semua aspek evaluasi. Kata kunci: hubungan, pelaksanaan, tata tertib, hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 03:05
Last Modified: 02 May 2016 03:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28817

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo