UMM Institutional Repository

PENGUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN BANTUR

ASTUTIK, DIAH ANDRI (2015) PENGUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN BANTUR. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diahandria-39762-2-babi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diahandria-39762-1-pendahul-n.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 23 Tahun 2006 tentang SKL. Aspek akhlak dalam pembelajaran PAI sudah memiliki penilaian yang jelas, sehingga secara langsung telah mengenalkan nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan cara penguatan nilai-nilai pendidikan karakter dalam perangkat pembelajaran PAI pada SMP di Kecamatan Bantur; (2) mendeskripsikan kendala penguatan nilai-nilai pendidikan karakter dalam perangkat pembelajaran PAI pada SMP di Kecamatan Bantur; (3) mendeskripsikan solusi mengatasi kendala penguatan nilai-nilai pendidikan karakter dalam perangkat pembelajaran PAI pada SMP di Kecamatan Bantur. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi dan Membercheck. Hasil penelitian sebagai berikut:(1) cara guru menguatkan nilai-nilai karakter melalui pemilihan nilai yang terdiri dari empat belas nilai. Nilai yang banyak digunakan meliputi nilai kejujuran, tanggungjawab, dan kerja keras. Nilai yang kadang-kadang digunakan meliputi nilai rasa hormat dan perhatian, tekun, demokratis, santun, dan gemar membaca. Nilai karakter yang jarang digunakan meliputi nilai kemandirian, kecintaan, rasa ingin tahu, dan religius. Nilai karakter tersebut didistribusikan dalam silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi; (2) kendala yang dihadapi dalam mendistribusikan nilai karakter sesuai kondisi sekolah dengan karakteristik siswa yang beragam, kondisi siswa yang belum terbiasa bekerjasama dalam kegiatan belajar, siswa yang kurang termotivasi dalam belajar, dan tidak ditunjangnya media pembelajaran; (3) solusi mengatasi kendala melalui pelatihan meningkatkan kreatifitas guru, penggunaan metode pembelajaran yang variatif sesuai tujuan pembelajaran, dan menggunakan media cetak maupun contoh nyata disekitar lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan peneliti, maka saran yang diberikan sebagai berikut: (10) diperlukan kreatifitas guru dalam menentukan nilai karakter sesuai kondisi sekolah; (2) peningkatan kualitas guru secara berkesinambungan; (3) secara bertahap melengkapi sarana dan prasarana sekolah untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 02:56
Last Modified: 02 May 2016 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28813

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo