UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ADIWIYATA DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SEKOLAH MENENGAH UMUM (SMA) KOTA MALANG

LANDRIANY, ELLEN (2015) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ADIWIYATA DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SEKOLAH MENENGAH UMUM (SMA) KOTA MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ellenlandr-39764-2-bab1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ellenlandr-39764-1-cover.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan implementasi kebijakan Adiwiyata di SMA Kota Malang; (2) mendeskripsikan faktor pendukung kebijakan Adiwiyata di SMA Kota Malang; (3) mendeskripsikan faktor penghambat kebijakan Adiwiyata di SMA Kota Malang; (4) memberikan deskripsi cara untuk mengatasi hambatan pada program Adiwiyata di SMA Kota Malang.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian SMA N 8 dan SMA N 10 Malang, Sumber data dari SMA N 8 dan SMA N 10 meliputi data sekunder dan data primer yaitu Kepala sekolah, Ketua Program Lingkungan Hidup, guru, staf dan siswa.Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan menggunakan metode wawancara mendalam ( in- depth interview). Wawancara berkembang sesuai kondisi lapangan (snow ball). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan trianggulasi sumber, trianggulasi ahli (expert). Teknik analisis data menggunakan analisis operational component bertitik tolak dari khusus ke umum. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Adiwiyata pada SMAN 8 dan SMAN 10 berdasarkan pada landasan kebijakan maupun surat keputusan dan surat edaran dan terintegrasi dalam masing-masing mata pelajaran, dukungan kebijakan meliputi warga sekolah serta masyarakat untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Faktor dukungan Implementasi kebijakan Adiwiyata meliputi komunikasi dilakukan melalui media informasi dan pemanfaatan teknologi untuk memberikan akses kepada masyarakat, sumber daya dilakukan dengan mengikutsertakan melalui pelatihan, disposisi lembaga memiliki peranan dan individu memiliki kepribadian, harapan yang dituju melalui aktivitas sosial serta struktur birokrasi kepala sekolah sebagai pimpinan, manajer, pendidik dan pengawas. Faktor hambatan Implementasi Kebijakan Adiwiyata meliputi: kesiapan dalam bertindak antara lain satuan tugas, kurang antusias dari tenaga pendidik, sarpras dari sekolah imbas yang belum siap; faktor kepribadian masih ada pendapat siswa yang bekerja untuk lingkungan dianggap sok, masyarakat dan instansi lain yang masih kurang berperan dalam PLH serta anggaran yang masih kurang. Strategi mengatasi hambatan dalam Implementasi kebijakan Adiwiyata adalah : kebijakan dari kepala sekolah, untuk SD Imbas dimasukkan ke sekolah mitra, diadakan workshop, dilakukan kunjungan untuk sosialisasi, penghematan sumber daya seperti listrik, daur ulang kertas, ujian paper less, sedangkan peningkatan SDM melalui workshop, memfungsikan komisi disiplin, ada juknis dan jobdis, keteladanan dari pimpinan, dilakukan kontrol dan evaluasi, membangun komunikasi serta melibatkan elemen masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 02:53
Last Modified: 02 May 2016 02:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28810

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo