UMM Institutional Repository

PERUBAHAN FISIK DAN KIMIA BUAH MANGGA HIBRIDA (F1-AL1) PADA JENIS DAN WAKTU PEMBUNGKUSAN

ANWAR, CHOIRUL (2012) PERUBAHAN FISIK DAN KIMIA BUAH MANGGA HIBRIDA (F1-AL1) PADA JENIS DAN WAKTU PEMBUNGKUSAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-choirulanw-29635-1-pendahul-n.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-choirulanw-29635-2-babi.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Mangga telah menjadi komoditas penting dalam perdagangan internasional. Di Indonesia produksi mangga terus menurun dan pangsa ekspornya masih di bawah 1%, hal ini karena ketidak sesuaian spesifikasi mutu mangga pasar dunia. Salah satu varietas mangga Indonesia yang potensial Arumanis-143 berkulit hijau, guna memenuhi kebutuhan buah mangga berwarna merah, telah dilakukan hibridisasi antara mangga Arumanis-143 dengan klon merah Cukurgondang. Sebagai upaya mendapatkan mangga hibrid berkualitas maka diperlukan karakterisasi dan seleksi selama dipertanaman dilakukan pembungkusan. Penelitian dilaksanakan di kebun percobaan mangga Cukurgondang dusun Grati Pasuruan Jawa timur, milik Balai Penelitian Buah Tropika Solok Sumatra barat, Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pangan, Laboratorium Bioteknologi, Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang pada bulan September 2011 sampai dengan Februari 2012. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara faktorial, faktor yang diujikan terdiri atas dua faktor, faktor I adalah jenis pembungkus dengan 3 level yaitu tanpa pembungkus, bungkus kain tangerine dan bungkus kertas samson, faktor ke-2 adalah waktu pembungkusan buah mangga dengan 3 level yaitu (waktu 20 hari / 3 minggu), (waktu 40 hari / 6 minggu) dan (60 hari / 9 minggu). Setelah dikombinasikan diperoleh 9 perlakuan, yang diulang sebanyak 3 kali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi yang nyata antara jenis dan waktu pembungkusan terhadap vitamin C (%), total asam tertitrasi (%), total padatan terlarut (oBrix), total gula (%), pH, klorofil a (mg/g), klorofil b (mg/g), akan tetapi Jenis pembungkus berpengaruh terhadap kandungan total klorofil, antosianin, tingkat kecerahan (L) kulit buah bagian pangkal masak konsumsi, tingkat kemerahan (a+) kulit buah bagian pangkal masak fisiologis serta masak konsumsi, tingkat kehijauan (a-) kulit buah bagian pangkal masak fisiologis dan tingkat kekuningan (b+) kulit buah mangga hibrida (F1-AL1) bagian pangkal masak fisiologis serta masak konsumsi. Sementara itu waktu pembungkusan berpengaruh terhadap kandungan total klorofil buah mangga hibrida (F1-AL1). Perlakuan terbaik dihasilkan oleh mangga yang tidak dibungkus (B0) dengan kadar antosianin 0,124 mg/g dan tingkat kemerahan mangga masak fisiologis 43,300 serta mangga masak konsumsi 43,500.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agrotechnology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 02 May 2016 02:53
Last Modified: 02 May 2016 02:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28807

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo