UMM Institutional Repository

Sari Kedelai Lokal Unggul Rendah Kalori ( Kajian Jenis dan Konsentrasi Pemanis )

Maghfiroh, Aulina (2013) Sari Kedelai Lokal Unggul Rendah Kalori ( Kajian Jenis dan Konsentrasi Pemanis ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aulinamagh-31119-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aulinamagh-31119-2-bab1.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Saat ini banyak penyakit degeneratif yang disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat. contohnya adalah diabetes mellitus dan obesitas. Diabetes melitus adalah penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula dalam darah karena berlebihnya konsumsi gula. Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Selama ini sari kedelai umumnya dibuat dengan menggunakan gula sukrosa sehingga memiliki kadar gula yang tinggi. Agar sari kedelai dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, maka perlu penggunaan variasi jenis pemanis yang diperbolehkan dikonsumsi oleh mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi penggunaan jenis dan konsentrasi pemanis, pengaruh jenis pemanis, dan pengaruh konsentrasi terhadap kualitas sari kedelai. Penelitian dilakukan pada bulan September 2011 sampai dengan bulan Januari 2012, di Laboratorium Rekayasa Pangan Ilmu dan Teknologi Pangan Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode rancangan acak kelompok (RAK) dengan dua faktor yang disusun secara faktorial. Faktor I adalah jenis pemanis dengan tiga level yaitu sukrosa, sakarin, dan aspartam-sorbitol, sedangkan faktor II adalah konsentrasi pemanis dengan tiga level yaitu 5%, 7,5%, dan 10%, sehingga diperoleh 9 kombinasi perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi interaksi antar jenis dan konsentrasi pemanis yang digunakan terhadap protein, kadar air, total gula, pH, viscositas, total padatan terlarut, dan organoleptik sari kedelai. Sari kedelai yang mempunyai mutu terbaik dengan kalori paling rendah adalah SA2 yaitu sari kedelai dengan menggunakan pemanis sakarin konsentrasi 7,5%, mempunyai kadar air 91,12%, kadar protein 3,01%, viskositas 14,5 dPas, TPT 5,5 0brix, pH 7,51, total gula 2,05%, dan tingkat kesukaan (sebagai studi preferensi konsumen) sebesar 4,125 (berarti suka).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agrotechnology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 02 May 2016 02:38
Last Modified: 02 May 2016 02:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28794

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo