UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN AKREDITASI UNTUK PENCAPAIAN PENJAMINAN MUTU DI PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Jurusan Bimbingan Konseling (BK) Universitas PGRI BAYUANGGA )

Hardiyono, Bilkisti (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN AKREDITASI UNTUK PENCAPAIAN PENJAMINAN MUTU DI PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Jurusan Bimbingan Konseling (BK) Universitas PGRI BAYUANGGA ). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bilkistiha-33615-2-babi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bilkistiha-33615-1-pendahul-n.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian 1). mendeskripsikan perencanaan implementasi kebijakan akreditasi dalam sistem pendidikan tinggi untuk menunjang ketercapaian mutu maksimal di prodi BK dan PKn 2).mendeskripsikan implementasi kebijakan akreditasi dalam sistem pendidikan tinggi untuk menunjang ketercapaian mutu maksimal di prodi BK dan PKn 3). mendeskripsikan faktor penunjang implementasi kebijakan akreditasi dalam sistem pendidikan tinggi untuk menunjang ketercapaian mutu maksimal di prodi BK dan PKn. 4).mendiskripsikan faktor penghambat implementasi kebijakan akreditasi dalam sistem pendidikan tinggi untuk menunjang ketercapaian mutu maksimal di prodi BK dan PKn. 5).mendiskripsikan solusi dan rekomendasi untuk mengatasi hambatan implementasi kebijakan akreditasi dalam sistem pendidikan tinggi untuk menunjang ketercapaian mutu maksimal di prodi BK dan PKn. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah interview, observasi, dokumentasi dan bersifat triangulasi. Dalam penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan natural setting, sumber data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi. Berdasarkan hasil penelitian perencanaan Implementasi kebijakan akreditasi dari kedua prodi melakukan sidang pleno dan rapat untuk mengambil suatu kebijakan dan beberapa program. Implementasi Kebijakan Akreditasi Prodi PKn dan prodi BK hampir semua kebijakan sudah berjalan, akan tetapi realisasi yang terkesan lama dan lamban dari universitas sehingga program yang ditargetkan terkesan lama. Faktor pendukung dalam implementasi kebijakan akreditasi prodi BK dan prodi PKn meliputi SDM yang sesuai dengan jenjang berkompeten dan minimal S-2, MoU dengan berbagai instansi, melakukan berbagai PKM dan penelitian, sarana prasarana, system informasi tersedia, pelayanan mahasiswa soft skill dan hard skill, layanan kesehatan. Hambatan dari prodi BK dan PKn hampir sama, masalah persetujuan program yang diajukan ke fakultas yang terkesan lamban, sarana prasarana yang masih kurang, pemanfaatan system informasi yang belum maksimal, belum adanya pemahaman tugas dari para staf akademik, pendanaan yang terbatas terutama untuk penelitian dosen, karya ilmiah yang kurang inovatif sehingga belum ada yang mendapatkan hibah DIKTI, belum ada MoU dengan pihak internasional, jurnal belum terpublikasi, para staf yang belum sesuai dengan jenjang studi. Solusi pihak prodi BK maupun PKn memberikan pelatihan terhadap Kalab dan staf administrasi, memberi pelatihan dan motivasi terhadap dosen meningkatkan prestasi, menambah MoU dengan instansi terkait.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 02:30
Last Modified: 02 May 2016 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28793

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo