UMM Institutional Repository

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH ALAM BILINGUAL SURYA BUANA MALANG

Abd. Wahid, Ramin (2013) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH ALAM BILINGUAL SURYA BUANA MALANG. Masters thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raminabdwa-33618-2-babi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raminabdwa-33618-1-pendahul-n.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Rendahnya daya serap peserta didik pada lembaga pendidikan formal menjadi masalah pokok dalam pembelajaran. Penyebab rendahnya prestasi belajar adalah penyelenggaraan pembelajaran yang masih konvensional. Sedangkan dekadensi moral yang terjadi di masyarakat menunjukkan gagalnya lembaga pendidikan membangun karakter peserta didik. Kedua fenomena tersebut melatar belakangi penelitian ini. Alternatif pemecahan masalah harus dipilih. Salah satu solusi itu adalah meningkatkan pelaksanaan pendidikan multikultural disekolah/madrasah. Dalam penelitian ini dibahas tentang hal tersebut ditinjau dari aspek model pembelajaran berikut desain, strategi dan metode pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara wawancara, observsi dan dokumentasi. Teknik analisa yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan perpanjangan masa penelitian, meningkatkan pengamatan dan triangulasi data. Sekolah Alam Bilingual Surya Buana Malang telah melakukan yang terbaik dalam menentukan model pembelajaran. Pendekatan yang berorientasi dan berpusat pada siswa serta landasan teori pendidikan konstruktivivisme menjadi dasar dan acuan bagi Sekolah Alam Bilingual Surya Buana dalam menentukan model, desain, strategi dan metode pembelajaran. Konsep Triple “R”, Reasoning, Research dan Religious menjadi inti dalam implementasi model pembelajaran yang dipilih. Model pembelajaran Kontekstual, Kuantum dan PAKEM menjadi alternatif pertama. Desain pembelajaran yang berpijak pada teori sistem dan pendidikan berbasis kompetensi menjadi pedoman bagi guru di Sekolah Alam Bilingual Surya Buana dalam merumuskan desain pembelajaran. Konsep Tiga “M”, menyenangkan, mengasyikkan dan mencerdaskan dijadikan pedoman dalam menentukan strategi pembelajaran. Kreativitas yang dikembangkan di Sekolah Alam Bilingual Surya Buana mendorong lahirnya metode-metode baru dalam pembelajaran. Peningkatan pembelajaran kooperatif menjadi pembelajaran kolaboratif dipandang efektif untuk meningkatkan kerjasama yang lebih intens. Keberhasilan Sekolah Alam Bilingual Surya Buana ini juga ditunjang oleh program unggulan sebagai wujud inovasi yang dilahirkan dari lembaga pendidikan Islam ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 02:28
Last Modified: 02 May 2016 02:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28791

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo