UMM Institutional Repository

KORELASI ANTARA TERPAAN TAYANGAN PROGRAM HIBURAN DI TV DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA (Studi pada Siswa Kelas 8 Tahun Ajaran 2009-2010 SMP Negeri 5 Jombang)

Rahmawati, Puspita Widya (2011) KORELASI ANTARA TERPAAN TAYANGAN PROGRAM HIBURAN DI TV DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA (Studi pada Siswa Kelas 8 Tahun Ajaran 2009-2010 SMP Negeri 5 Jombang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-puspitawid-21571-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-puspitawid-21571-BAB+I.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Televisi memiliki 3 fungsi yaitu: fungsi penerangan, fungsi pendidikan, dan fungsi hiburan. Fungsi yang paling menonjol saat ini adalah fungsi hiburan dimana hampir sebagian besar program tayangan televisi saat ini adalah tentang program hiburan. Dalam hal ini, media televisi dapat mempengaruhi audience untuk mengkonsumsi dengan menonton televisi secara terus-menerus karena program tayangan hiburan dapat membantu mengurangi beban pikiran para pemirsa di rumah. Sedangkan audience terdiri dari semua umur dan kalangan. Sehingga anak-anak menjadi audience yang cukup besar jumlahnya dalam menonton tayangan TV. Hal ini disebabkan oleh waktu luang mereka yang cenderung lebih banyak daripada waktu luang orang dewasa. Naluri anak-anak yang selalu senang dengan segala sesuatu yang serba menghibur dan pikiran fantasi membuat anak-anak semakin tidak mau beranjak dari depan TV. Namun dampak negatif yang dimunculkan dari terpaan tayangan program hiburan di TV yang ditonton juga tidak sedikit antara lain seperti: menyia-nyiakan waktu, melalaikan tugas dan kewajiban, alat transportasi kejahatan dan kebejatan moral, dan mempengaruhi dan menurunkan prestasi belajar siswa. Program hiburan yang paling disukai dan sering ditonton antara lain: acara musik, sinetron, film dan reality show. Hal inilah yang menyebabkan mereka menjadi malas belajar. Adapun rumusan masalahnya adalah: 1.Adakah Korelasi antara Terpaan Tayangan Program Hiburan di TV dan Prestasi Akademik Siswa? 2.Seberapa Tinggi Tingkat Keeratan Korelasi antara Terpaan Tayangan Program Hiburan di TV dan Prestasi Akademik Siswa? Untuk mengetahui tujuan: 1.Untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara terpaan tayangan program hiburan di TV dan prestasi akademik siswa. 2.Untuk mengetahui tingginya tingkat keeratan korelasi antara terpaan tayangan program hiburan di TV dan prestasi akademik siswa. Dalam penelitian ini, Teori yang digunakan untuk menganalisa adalah Teori Fungsional dari Robert K. Merton dan Teori Empirisme dari John Locke. Teori Fungsional berasumsi bahwa setiap tindakan bisa memiliki efek-efek fungsional dan disfungsional. Teori Empirisme berasumsi bahwa perkembangan anak tergantung kepada lingkungan, sedangkan pembawaan tidak dipentingkan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Tipe penelitiannya adalah penelitian eksplanatif, yaitu digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y. Adapun populasi penelitian ini adalah Siswa kelas 8 tahun ajaran 2009-2010 SMP Negeri 5 Jombang. Teknik samplingnya menggunakan sampling random sederhana dan ditetapkan sampel 60 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melalui proses penelitian, kuesioner tersebut diuji tingkat validitasnya dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan di uji tingkat reliabilitasnya dengan menggunakan rumus alpha. Untuk mengidentifikasi tayangan program hiburan di TV (variabel X) menggunakan rumus z score. Analisa data yang digunakan adalah uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara terpaan tayangan program hiburan di TV berkorelasi negatif terhadap prestasi akademik siswa. Selain itu, korelasi antara terpaan tayangan program hiburan di TV meningkat, maka akan dapat menurunkan prestasi akademik siswa. Didapatkan r hitung (0,516) lebih besar dari r tabel (0,254). Nilai korelasi ini menunjukkan hubungan antara variabel terpaan tayangan program hiburan di TV dan variabel prestasi akademik siswa sehingga terjadi hubungan yang negatif dengan "kategori sedang". Berdasarkan penelitian, peneliti menyarankan bagi para siswa agar dapat lebih selektif dalam memilih tayangan yang ditonton untuk lebih memanfaatkan media televisi sebagai panduan baru, jendela melihat dunia dan dapat membagi waktu belajar dengan sekedar menonton tayangan hiburan di TV, karena berdasarkan hasil penelitian diketahui semakin sering menghabiskan waktu dengan menonton tayangan program hiburan di TV maka akan semakin rendah pula nilai atau prestasi akademik yang didapatkan. Dan juga disarankan bagi awak media televisi, agar dapat membuat program-program hiburan yang lebih berkualitas dan mengandung unsur pendidikan bagi para pelajar atau siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 02:24
Last Modified: 02 May 2016 02:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28784

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo