UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PERMENDIKNAS NO 41 TAHUN 2007 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN DI SDN LANDUNGSARI 01 DAN SD MUHAMMADIYAH 08 KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Bakri, (2013) IMPLEMENTASI PERMENDIKNAS NO 41 TAHUN 2007 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN DI SDN LANDUNGSARI 01 DAN SD MUHAMMADIYAH 08 KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bakri09370-33853-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bakri09370-33853-1-pendahul-n.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini mendiskripsikan dan menganalisis Implementasi Permendiknas No 41 Tahun 2007 dilihat dari perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran pengawasan proses pembelajaran pada mata pelajaran penjasorkes di SDN Landungsari 01 dan SD Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. dengan metode wawancara, observasi, studi dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan tehnik trianggulasi dan prolonnget egagement. Analis data dilakukan menurut tehnik Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, disple data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah; 1 implementasi perencanaan proses pembelajaran pada mata pelajaran penjasorkes di SDN landungsari 01 dinilai sangat patuh, walaupun ada beberapa yang harus mendapatkan perhatian di antaranya identitas sekolah tidak dicantumkan dan alokasi waktu tidak sesuai dengan struktur kurikulum KTSP dan standar isi. SD Muhammadiyah 08 yang terdiri dari silabus dan rencana pelaksanaan dinilai sangat patuh, hanya pada alokasi waktu sesuai dengan struktur kurikulum KTSP tetapi tidak sesuai dengan standar isi permendiknas untuk satuan pendidikan dasar dan menegah. 2 pelaksanaan proses pembelajaran pada mata pelajaran penjasorkes di SDN Landungsari 01 dapat dinilai patuh a) rombongan belajar 24 siswa. b) beban tugas guru 21 jam tatap muka dalam 1 minggu c) buku teks jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah peserta didik. d) pengelolaan kelas sesuai dengan standar proses.e) pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang berpedoman pada PAIKEM dan SD Muhammadiyah 08 a) rombongan belajar 29 siswa. b) beban tugas guru 26 jam tatap muka dalam 1 minggu.c) buku teks jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah peserta didik. d) pengelolaan kelassesuai dengan standar proses.e) pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang berpedoman pada PAIKEM. 3 penilaian hasil pembelajaran penjasorkes di SDN Landungsari 01 dan SD Muhammadiyah 08 melakukan penilaian dengan patuh hanya pada penilaian hasil karya berupa portofolio belum terlaksana dan penilaian belum mengacu pada panduan penilaian mata pelajaran. 4 pengawasan proses pembelajaran pada mata pelajaran penjasorkes di SDN Landungsari 01 dan SD Muhammadiyah 08 kepengawasan cukup; evaluai membandingkan proses pembelajaran yang dilak¬sanakan guru dengan standar proses belum dapat terlaksana, tindak lanjut penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar belum dapat telaksana, teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhi standar belum dapat terlaksana.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 02:19
Last Modified: 02 May 2016 02:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28782

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo