UMM Institutional Repository

DAYA TARIK ANIME JEPANG TERHADAP PENONTON ( Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhamadyah Malang)

Wrdhani, Sepatia Nofa Pramudya (2011) DAYA TARIK ANIME JEPANG TERHADAP PENONTON ( Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhamadyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sepatianof-21572-Pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sepatianof-21572-Bab+I.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Perkembangan film di Indonesia sangat pesat. Salah satu jenis film adalah kartun dan animasi. Dalam perkembangannya terdapat salah satu jenis film kartun yang berasal dari Jepang yang di sebut dengan anime. Anime tersebut di Indonesia sangat digemari, mulai dari anak - anak hingga orang dewasa. Hal ini mendasari munculnya kolektor serta budaya - budaya baru di kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini didasarkan pada bagaimana anime ini disukai oleh penonton khususnya mahasiswa Jurusan Imu Komunikasi Universitas Muhammadyah Malang. Anime tersebut menjadi di sukai karena memiliki beberapa variable unsur anime yang mendasari film kartun tersebut di sukai. Unsur - unsur varibel anime ini adalah pendukung bagaimana anime tersebut bisa terbentuk dan bisa di tayangkan melalui media audio visual khususnya Televisi dan Layar lebar. Rumuskan masalah penelitian adalah tentang unsur - unsur apa saja yang paling di minati mahasiwa terhadap film anime Jepang, khususnya mahasiswa Jurusan Komunikasi UMM. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi unsur tersebut serta meranking unsur itu dari ranking satu sampai paling akhir. Teori yang mendukung adalah theori AIDDA. Asumsi theori ini adalah khalayak memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Pendekatan peneliti menggunakan positifistik kuantitatif. Melalui strategi penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner dan studi kepustakaan maka data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik sederhana yaitu dengan mencari modus dari unsur - unsur variable daya tarik anime yang berjumalah 40 dan merankingnya. Pengambilan sampel digunakan metode purposive dan dilengkapi dengan metode snow ball sampling. Hasil penelitian pada mahasiswa Ilmu Komuniaksi Universitas Muhammadyah Malang menunjukan beberapa variable yang dipilih oleh responden yang mempunyai ranking 1, rangking 2 , dst. Di temukan pula beberapa judul anime serta bentuk koleksi - koleksi dari penyuka anime tersebut. Dengan demikian bisa di simpulkan bahwa unsur anime yang paling disukai oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammdyah Malang adalah unsur anime berbentuk cerita yang imajinatif. Dan judul anime yang mendapat ranking 1 adalah anime Naruto serta koleksi paling banyak dari responden tersebut adalah file - file video. Atas hasil tersebut dapat di rekomendasikan kepada produsen - produsen anime yang berkembang di Indonesia dan di Jepang untuk memperhatikan variabel - variabel unsur anime yang disukai penonton khususnya mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhamadyah Malang dalam pembuatan suatu anime agar anime tersebut di sukai di masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 02:21
Last Modified: 02 May 2016 02:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28781

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo