UMM Institutional Repository

STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENGHADAPI KOMPETISI PERHOTELAN (Studi Pada Department Sales & Marketing Hotel Pacific Balikpapan)

HIDAYAT, ICHSANUL (2011) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENGHADAPI KOMPETISI PERHOTELAN (Studi Pada Department Sales & Marketing Hotel Pacific Balikpapan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ichsanulhi-21573-Pendahul-n.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ichsanulhi-21573-BAB+I.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Dengan banyaknya didirikan hotel baru yang letaknya cukup reperensetatif menyebabkan banyak terjadi persaingan diantara para pelaku bisnis, sehingga menuntut setiap perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa, khususnya hotel untuk dapat lebih berinovasi serta berimprovisasi dalam memperoleh pangsa pasar guna mempertahankan eksistensinya di industri perhotelan. Adapun cara yang digunakan untuk mencapai tujuan hotel guna mempertahankan eksistensinya, yaitu dengan mempunyai strategi maupun trik khusus yang berbeda dengan para pesaing sejenis seperti cara mempromosikan atau mengagendakan sesuatu event atau cara yang benar - benar berbeda serta mempunyai nilai jual yang tinggi dan tidak dipunyai oleh perusahaan yang tepat. Dengan banyaknya stretegi marketing public relations yang diterapkan oleh department sales & marketing hotel Pacific, menuntut sebuah pemikiran yang cermat, tepat dan matang dalam menentukan sebuah strategi yang cocok dan efektif dalam menghadapai kompetisi perhotelan. Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti membuat rumusan masalah tentang apa saja startegi marketing public relations dalam menghadapai kompetisi perhotelan pada hotel Pasific Balikpapan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan startegi marketing public relations hotel Pacific dalam menghadapi kompetisi perhotelan pada hotel Pacific Balikpapan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif guna mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan strategi marketing public relations dalam menghadapai kompetisi perhotelan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data yang diinginkan oleh peneliti. Jenis peneliian dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun teknis penentuan informan penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling, peneliti menetapkan 4 informan sebagai sumber informan untuk mengumpulkan data yang terkait dengan strategi marketing public relations dalam menghadapi kompetisi perhotelan, lalu penelti mengunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif yang melalui beberapa tahapan yaitu dengan membuat catatan peneliti, mengelompokan data, interpretasi data serta penarikan konsep. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti dapat menyimpulakan bahwa strategi marketing public relations yang dilakukan hotel Pacific yaitu dengan mengguanakan Pass strategy sebuah strategi yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan mampu menciptakan opinion public, yang mana di dalam penerapanya di dukung melalui : 1. Analisa SWOT, dengan tujuan lebih mengenal dan memahami akan produk dan melakukan trainning SDM,serta mengetahui fasilitas yang dibutuhkan dengan harapan dapat memenuhi keinginan pelanggan serta untuk mempertahankan keberadaan hotel. 2. Menentukan segmen pasar yang akan dituju. 3. Bekerjasama dengan media baik itu media elektronik maupun media cetak. 4. Serta menerapakan execellent service sebagai bentuk upaya menjaga kualitas jasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 02:17
Last Modified: 02 May 2016 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28778

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo