UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI PEMAKAIAN PRODUK DENGAN TINGKAT KESADARAN WARGA TENTANG MEREK (Studi Pemakaian Seragam Batik Merek "Olive Batik" di Kelurahan Sisir dan Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu)

Rahmawati, Novi Sri (2011) HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI PEMAKAIAN PRODUK DENGAN TINGKAT KESADARAN WARGA TENTANG MEREK (Studi Pemakaian Seragam Batik Merek "Olive Batik" di Kelurahan Sisir dan Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-novisrirah-21574-Pendahul-n.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-novisrirah-21574-BAB+I.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Budaya lokal merupakan identitas khas daerah yang membedakan satu daerah dengan daerah lainnya di Indonesia. Merek berhubungan dengan budaya lokal, terbukti yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah Batik yang dihasilkan oleh salah satu perajin di Kota Wisata Batu. Kota Batu adalah daerah yang mempunyai suhu udara dingin dan sejuk, dan apabila disandingkan dengan pemakaian Baju Batik yang apabila dipakai terkesan "adem" adalah sesuatu yang unik. Karena di tengah keadaan daerah yang dingin memakai baju yang cocok untuk di pakai di udara panas, peneliti ingin mengetahui seberapa tinggi hubungan antara frekuensi pemakaian produk dengan tingkat kesadaran warga setempat tentang merek Olive (seragam batik khas Kota Batu). Hal ini dapat dikaitkan dengan Teori A-I-D-D-A, yaitu Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (hasrat), Decision (keputusan) dan Action (tindakan). Dalam penelitian ini dapat dianalisis bahwa pemakaian produk yang merupakan suatu tindakan (Action) akan mendapatkan perhatian (Attention) yang lebih pada proses pemakaian tersebut, kemudian suatu produk akan menuju pada tingkatan minat (Interest) dengan menunjukkan ketertarikan akan produk. Selanjutnya Desire atau Hasrat yang menjadikan warga semakin sering memakai produk tersebut. Karena keseringan pemakaian inilah yang menjadikan keputusan warga untuk selalu memakai produk seragam batik ini ( timbul kesadaran ) sehingga menjadikan suatu tindakan (Action) untuk memakai, dan mencitrakan merek batik secara tidak langsung. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif karena akan mengukur variabel. Dikatakan kuantitatif karena dari tiap yang diuraikan tersebut dinyatakan jumlah dan persentasenya (Hamidi, 2007:12). Populasi berada pada masyarakat yang di Kota Batu, oleh karena itu diambil populasi penduduk di Kelurahan Sisir dan Desa Pesanggrahan karena telah mewakili. Dimana didapatkan sampel dari populasi tersebut sejumlah 60 responden. Kepada 60 responden itulah peneliti membagikan kuesioner yang berjumlah 10 butir pertanyaan untuk variabel dependent dan 10 butir pernyataan untuk variabel independent yang sudah di isi lengkap. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment, yang mengukur variabel frekuensi pemakaian produk dengan tingkat kesadaran warga dan sudah di dapat hasilnya yaitu sebesar 0,538. Artinya apabila di interpretasikan level hubungannya dengan tabel dapat dikatakan pada tingkatan sedang, hal ini menunjukkan hubungan bahwa tidak hanya faktor frekuensi pemakaian saja yang menyebabkan tingkat kesadaran pada warga. Untuk pengujian hipotesis adalah dengan Uji F yaitu dengan membandingkan nilai Fhitung dengan Ftabel dan diperoleh nilai Fhitung (23,627)>dari F tabel (4,00) sehingga dapat disimpulkan uji hipotesis hasilnya Hı artinya ada hubungan frekuensi pemakaian produk dengan tingkat kesadaran warga tentang merek. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi bagi peneliti yang akan melakukan penelitian sejenis. Serta untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat mengeksplorasikan faktor-faktor lain yang lebih dari penelitian ini. Penelitian ini dapat meningkatkan citra Batik khas Kota Batu dikalangan warganya sendiri, untuk diharapkan memiliki banyak manfaat bagi perkembangan Kota Wisata ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 02:14
Last Modified: 23 Mar 2018 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28773

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo