UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBIAYAAN SEKOLAH GRATIS DI SMP SWASTA KOTA MALANG

CHOLIK, IDHAM (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBIAYAAN SEKOLAH GRATIS DI SMP SWASTA KOTA MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-idhamcholi-33857-2-babi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-idhamcholi-33857-1-pendahul-n.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjamin terselenggaranya program wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya. Penyelenggaraan program wajib belajar pendidikan dasar merupakan bagian dari kebijakan pendidikan di Indonesia dalam mencapai pendidikan untuk semua (education for all). Program Pembiayaan Sekolah Gratis dimaksudkan untuk memberikan pelayanan pendidikan bagi siswa/peserta didik dari keluarga pra sejahtera, dan lembaga pendidikan penyelenggara dapat meningkatkan mutu pendidikan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan, dampak dan manfaat, kendala-kendala yang dihadapi, dan strategi dalam menghadapi dampak dan kendala Program Pembiayaan Sekolah Gratis di SMP Swasta Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan tentang implementasi kebijakan Pemerintah Kota Malang dalam pelaksanaan program pembiayaan sekolah gratis di sekolah swasta. Metode pencarian data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini bersifat multi kasus/multi situs dengan mengambil data di 5 sekolah penerima program sekolah gratis. Metode analisis data adalah analisis kualitatif, dengan teknik pengabsahan dan validasi data secara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan program pembiayaan sekolah gratis di SMP Swasta Kota Malang sudah dapat berjalan dengan baik. Sekolah, Siswa, dan orang tua siswa sudah dapat menikmati manfaat kebijakan sekolah gratis, 2) kebijakan sekolah gratis memberikan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat dalam menanggung biaya pendidikan, terutama bagi yang kurang mampu,.3) kebijakan sekolah gratis sebagai upaya membantu biaya operasional sekolah, peningkatan aksesibilitas, mempertahankan kelangsungan sekolah swasta, dan peningkatan mutu.4) keterlambatan pencairan dana, masih kurangnya biaya nominal bantuan, dan anggapan masyarakat dengan adanya kebijakan sekolah gratis adalah gratis sepenuhnya merupakan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program pembiayaan sekolah gratis. Saran/rekomendasi yang disampaikan adalah : 1) pencairan dana sebaiknya tepat waktu setiap bulan, 2) pemberian dana sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan riil sekolah dan didahului dengan analisis kebutuan biaya operasional sekolah, 3) perlu peningkatan nominal bantuan dan keleluasaan penggunaan dana, 4) Optimalisasi peran serta masyarakat, dunia usaha, guna membantu pembiayaan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu. Kata kunci : Kebijakan sekolah gratis, mutu.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 02:12
Last Modified: 02 May 2016 02:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28772

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo