UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SEKOLAH DASAR GUGUS IV KEC. SUKUN KOTA MALANG

Danawati, Murtyas Galuh (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SEKOLAH DASAR GUGUS IV KEC. SUKUN KOTA MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-murtyasgal-33862-2-babi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-murtyasgal-33862-1-pendahul-n.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Penguatan dan perluasan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu kebijakan strategis Kemdiknas untuk mendukung “Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Komprehensif” (Visi Kemdiknas 2010-2014). Peningkatan mutu pendididkan merupakan kebijakan pokok Renstra Depdiknas dimana upaya peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan melalui pembelajaran dan pelatihan TIK e-learning dan e-govermenance bagi guru dan tenaga kependidikan (Suib, 2012). Guna terselenggaranya visi Kemendiknas tersebut maka diperlukan suatu pengembangkan akses layanan pendidikan berbasis TIK, diantaranya elektonik-pembelajaran (e-pembelajaran), elektronik-manajemen (e-manajemen), dan elektronik-layanan (e-layanan). Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kebijakan. Lokasi penelitian di Sekolah Dasar Gugus IV Kec. Sukun Kota Malang. Data diperoleh dari sumber-sumber primer yaitu guru, peserta didik, dan komite, sedangkan sumber data sekunder dari dokumen yang ada yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, studi dokumenter dan observasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan model air (fow model). Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Gugus IV Kec. Sukun Kota Malang belum mempunyai program yang terjadwal dengan baik untuk mengimplementasikan kebijakan TIK. Faktor pihak yang kepentingannya dipengaruhi, jenis manfaat yang diperoleh, jangkauan perubahan yang diharapkan, letak pengambilan keputusan, pelaksana-pelaksana program, sumber-sumber yang dapat disediakan, kekuasaan, kepentingan, dan strategi-strategi dari para aktor yang terlibat, ciri-ciri kelembagaan dan regim, serta konsistensi dan daya tanggap juga menjadi faktor pendukung implementasi peningkatan profesionalitas guru. Sedangkan faktor usia, alokasi anggaran dan ketersediaan perangkat TIK yang terbatas menjadi kendala dalam mengimplementasikan kebijakan TIK, khususnya dalam bidang pembelajaran. Bagi stakeholder dampak implementasi kebijakan TIK sangat terlihat diantaranya, pada guru yaitu mempermudah dalam proses pembelajaran, pembelajaran dilaksanakan secara efektif dan efisien, meningkatkan kompetensi, serta mendapatkan informasi pendidikan secara cepat. Bagi peserta didik, antara lain meningkatkan kualitas pembelajaran, peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, dan mendidik peserta didik untuk selalu berinovasi. Sedangkan bagi masyarakat, yaitu pendambingan kepada peserta didik dalam mencari bahan belajar dan dapat memberikan informasi penting mengenai sekolah. Kata Kunci: Kebijakan, Implementasi, TIK.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 02:01
Last Modified: 02 May 2016 02:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28761

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo