UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BERDASARKAN KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU TAHUN 2012 DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA BATU

Asih, Ria Arista (2013) PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BERDASARKAN KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU TAHUN 2012 DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA BATU. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riaaristaa-33863-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riaaristaa-33863-1-pendahul-n.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Guru profesional adalah guru yang mampu menerapkan hubungan multidimensional dengan tiga kriteria pokok, yaitu: menunjukkan kompetensi profesionalnya dalam hal penguasaan materi, penyampaian materi, dan berkomunikasi dengan lingkungan. Guru yang baik harus mampu mengembangkan materi, teknik mengajar, dan mahir dalam komunikasi serta pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kebijakan, bentuk kegiatan, dan hasil dari program pengembangan kompetensi guru yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 4 Kota Batu. Pendekatan dan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan 10 orang guru SD Muhammadiyah 4 Kota Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SD Muhammadiyah 4 Kota Batu memiliki Renstra 567 untuk mengatur kegiatan pengembangan kompetensi profesional guru, yang terspesifikasi dalam RPS-1, (2) Perencana kegiatan pengembangan adalah Kepala Sekolah bersama guru; Kegiatan pengembangan diselenggarakan dalam bentuk pendidikan (inhouse training, kemitraan sekolah, kursus singkat, pembinaan internal sekolah, pendidikan lanjut) dan non-pendidikan (diskusi, seminar, workshop, pembuatan media pembelajaran). Kegiatan pengembangan telah memperhatikan individual differences dan job analysis, dan (3) Kegiatan monitoring dan evaluasi pengembangan kompetensi profesional guru telah dilaksanakan melalui tiga tahap yang berupa perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan; serta menghasilkan tindakan reflektif demi perbaikan kegiatan pengembangan di masa mendatang. Saran yang diberikan pada SD Muhammadiyah 4 Kota Batu adalah (1) memperbarui kebijakan setiap kurun waktu tertentu, dan (2) menambah jenis kegiatan pengembangan, berupa program magang, belajar jarak jauh, pelatihan berjenjang khusus, penelitian, dan penulisan bahan ajar. Kata Kunci: Pengembangan, Kompetensi Profesional Guru

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 02:00
Last Modified: 02 May 2016 02:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28759

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo