UMM Institutional Repository

AKTIVITAS HUMAS DALAM MEMPROMOSIKAN PROGRAM AGROPOLITAN JAGUNG DI PROVINSI GORONTALO ( Studi pada Divisi Informasi & Kerjasama Badan Pusat Informasi Jagung Gorontalo)

PAKAYA, ERWIN (2011) AKTIVITAS HUMAS DALAM MEMPROMOSIKAN PROGRAM AGROPOLITAN JAGUNG DI PROVINSI GORONTALO ( Studi pada Divisi Informasi & Kerjasama Badan Pusat Informasi Jagung Gorontalo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-erwinpakay-21578-Pendahul-n.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-erwinpakay-21578-BAB+I.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Melihat perkembangan yang begitu cepat dan semakin dikenalnya program agropolitan jagung Gorontalo serta ketertarikan daerah-daerah di luar Gorontalo untuk belajar budidaya jagung di BPIJ Gorontalo , maka kebutuhan terhadap informasi menjadi sangat penting sehingga diperlukan usaha untuk meningkatkan dan memperluas penyebaran informasi kepada publik guna tercapainya tujuan perusahaan. Keberadaan departemen atau divisi humas merupakan keharusan secara fungsional dan operasional dalam melakukan kegiatan atau aktivitas untuk menyebarluaskan informasi dan memperkenalkan produk atau program melalui media massa yang ditujukan kepada publiknya dalam rangka pelayanan publik (public service). Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti membuat rumusan masalah apa saja aktivitas humas yang dilakukan dalam mempromosikan program agropolitan jagung Gorontalo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana aktivitas humas BPIJ dalam mempromosikan program agropolitan jagung Gorontalo. Aktivitas humas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan organisasi/lembaga dalam menyebarkan pesan atau informasi melalui media massa kepada publik atau komunikan sebagai sasaran atau targetnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam melaksanakan aktivitasnya sebagai upaya peningkatan publikasi, humas atau public relations pada sebuah organisasi ataupun lembaga melakukan pengenalan (awareness), mencari publisitas (publicity), promosi atau pengenalan produk untuk mempengaruhi opini publiknya (Ruslan). Promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa. Tujuan promosi ialah memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan, dan meyakinkan audiens atau calon konsumen. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik total sampling dan untuk menentukan informan berdasarkan kriteria yakni orang yang paling tahu atau berkecimpung langsung dengan humas. Dalam hal ini meliputi Kabag Informasi dan Kerjasama, Kasubag Informasi, Kasubag Kerjasama dan Staf Informasi. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisa data deskriptif kualitatif dengan tujuan menemukan konsep sebagai kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada Divisi Informasi dan Kerjasama Badan Pusat Informasi Jagung Gorontalo bahwa aktivitas humas yang dilakukan dalam mempromosikan program agropolitan jagung mengacu pada proses komunikasi yang meliputi penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian program yang dilaksanakan. Selain itu dalam mempromosikan program agropolitan jagung divisi informasi dan kerjasama melakukan aktivitas humas dengan menggunakan pesan tertulis (Koran, leaflet, brosur) dan pesan tidak tertulis (lisan) yang dilakukan secara langsung (face to face) dan tidak langsung (radio dan televisi). Kemudian promosi program agropolitan jagung yang dilakukan adalah periklanan yang berupa cetak (koran, jurnal, buletin, leaflet, company profil, dan brosur), elektronik (radio televisi, display dan website). Publisitas dilakukan melalui presentasi pengenalan (seminar), pameran dan kerjasama dalam dialog interaktif dan iklan layanan masyarakat (kerjasama dengan RRI, Poliyama FM, SK FM, Civica radio, GOTV, SCTV, dan Indosiar).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 02:00
Last Modified: 02 May 2016 02:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28757

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo