UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SPEAKING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KARAKTER DI SMP NEGERI 3 GRESIK

HANDAYANI, SUCI (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SPEAKING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KARAKTER DI SMP NEGERI 3 GRESIK. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sucihanday-33866-2-babi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sucihanday-33866-1-pendahul-n.pdf

Download (917kB) | Preview

Abstract

Pemerintah menjadikan pembengunana karakter sebagai salah satu program prioritas pembangunan nasional yang ditegaskan dalam Rencana pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2015, dimana pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, namun metode dan strategi pembangunan yang dipergunakan guru masih banyak yang belum efektif dalam mengintegrasikan nilai karakter yang diharapkan, sehingga perlu dibuat model pembelajaran yang berbasis karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang merupakan modifikasi model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian terdiri tiga tahap: Studi Pendahuluan, Perencanaan dan Pengembangan model. Penelitian dilakukan sampai ujicoba terbatas yaitu implementasi model. Pengambilan data yang lengkap dan komprehensif diawali dengan telaah dokumen, observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa dan catatan lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran speaking melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis karakter (PM.PS.PKBK) dan perangkat model pembelajaran di SMP yang memenuhi kreteria valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, (1) Berdasarkan validasi ahli dan praktisi, model pembelajaran yang di kembangkan dinyatakan valid. (2) Berdasarkan validasi ahli dan praktisi, model perangkat pembelajaran yang di kembangkan dinyatakan valid. (3) Berdasarkan hasil ujicoba , model tersebut memenuhi kategori dengan keterlaksanaan seluruhnya, yang ditunjukkan oleh validitas model, analisis keterlaksanaan model, analisis pelaksanaan rencana pembelajaran. (4) Berdasarkan ujicoba, model tersebut memenuhi kreteria efektif, yang ditunjukkan oleh aktifitas siswa dalam pembelajaran, respon sisiwa, dan pencapaian kompetensi siswa baik secara individu maupun klasikal. Kata kunci: Pengembangan model speaking melalui STAD berbasis krarakter

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 01:55
Last Modified: 02 May 2016 01:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28754

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo