UMM Institutional Repository

KONTRIBUSI TES UNJUK KERJA BUATAN INDUSTRI DAN GURU TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI KEAHLIAN NASIONAL SISWA TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 KOTA MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2011/2012

DIAH I, NINA EKO (2013) KONTRIBUSI TES UNJUK KERJA BUATAN INDUSTRI DAN GURU TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI KEAHLIAN NASIONAL SISWA TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 KOTA MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2011/2012. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ninaekodia-33602-2-babi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ninaekodia-33602-1-pendahul-n.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Untuk mengetahui keberhasilan pencapaian tujuan, penguasaan siswa terhadap pelajaran yang telah diberikan, dan ketepatan atau keefektifan metode pembelajaran yang telah dilakukan di SMK, guru perlu melakukan penilaian. Selain itu, penilaian tersebut semestinya juga dapat digunakan untuk mengukur sampai sejauh mana kompetensi yang diberikan/diajarkan di sekolah, sudah sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia industri. Untuk itu, perlu dilakukan tes unjuk kerja siswa, baik dengan soal tes buatan guru maupun dengan soal tes buatan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui seberapa besar kontribusi/pengaruh hasil tes unjuk kerja buatan industri dan guru terhadap hasil uji kompetensi keahlian (UKK) nasional siswa. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) persepsi sekolah terhadap pelaksanaan tes unjuk kerja buatan industri dan buatan guru, (2) hubungan antara hasil tes unjuk kerja buatan industri dengan hasil UKK, (3) hubungan antara hasil tes unjuk kerja buatan guru dengan hasil UKK, (4) hubungan antara hasil tes unjuk kerja buatan industri dan buatan guru (secara bersama-sama) dengan hasil UKK, dan (5) kontribusi hasil tes unjuk kerja buatan industri dan buatan guru terhadap hasil UKK. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas, yaitu: hasil tes unjuk kerja buatan industri dan buatan guru, dan satu variabel terikat, yaitu hasil UKK. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMKN 1 Kota Mojokerto yang berjumlah 113 siswa, dan seluruh populasi tersebut diambil sebagai sampel (total sampel). Tes unjuk kerja, pedoman observasi dan wawancara, serta dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi parsial dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa: (1) persepsi sekolah terhadap pelaksanaan tes unjuk kerja buatan industri dan buatan guru cukup baik, (2) ada hubungan positif yang signifikan antara hasil tes unjuk kerja buatan industri dengan hasil UKK, dengan nilai koefisien korelasi (rx1.y) sebesar 0,517; (3) ada hubungan positif yang signifikan antara hasil tes unjuk kerja buatan guru dengan hasil UKK, dengan nilai rx2.y sebesar 0,534; (4) ada hubungan positif yang signifikan antara hasil tes unjuk kerja buatan industri dan guru secara bersama-sama dengan hasil UKK, dengan nilai Rx1.x2.y sebesar 0,721; dan (5) ada kontribusi/pengaruh hasil tes unjuk kerja buatan industri dan buatan guru terhadap hasil UKK, dengan nilai koefisien determinasi (Rx1.x2.y)2 sebesar 0,520.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 01:39
Last Modified: 02 May 2016 01:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28743

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo