UMM Institutional Repository

PERILAKU POLITIK BURUH DALAM PROSES PILKADA LANGSUNG DI KABUPATEN GRESIK TAHUN 2010

SANTOSO, H. (2013) PERILAKU POLITIK BURUH DALAM PROSES PILKADA LANGSUNG DI KABUPATEN GRESIK TAHUN 2010. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hsantoso09-33796-1-pendahul-n.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hsantoso09-33796-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa; 1) pemilihan umum menjadi indikator dan dinamisnya demokrasi suatu bangsa; 2) kaitannya dengan perolehan suara pemenang Pilkada Gresik dengan jumlah buruh di Gresik dapat diasumsikan bahwa jika jumlah buruh di Gresik dapat dirangkul oleh calon bupati dan wakil bupati, kemudian mereka berduyun-duyun datang ke TPS dengan membawa anggota keluarganya, maka cukup bagi satu pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk menuju kursi kekuasaan Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah “bagaimana perilaku politik buruh dalam Pilkada Gresik tahun 2010.” Penelitian ini menggunakan teori tindaka sosial dari Weber yang menyatakan bahwa tindaka sosial merupakan tindakan penuh makna yang menjadi dasar atau orientasi tindakan individu. Dari orientasi tindakan tersebut dapat diklasifikasi berdasarkan kadar rasionalitas yang dikandungnya (the degree of rasionality). Suatu tindakan rasional terjadi ketika seorang mencoba untuk mencapai tujuan tertentu dengan melakukan seleksi pada cara-cara (means) yang dinilai tepat untuk mewujudkannya sesuai dengan situasi yang ada. Berdasarkan kajian teoritik maka dihasilkan, antara lain; 1) perilaku politik pemilih buruh dalam pemilihan secara langsung sangat kompleks dan relatif tidak permanen, sangat kondisional; 2) perilaku politik pemilih bukan merupakan realitas yang berdiri sendiri, tidak pula sebagai perilaku yang berada pada ruang hampa; 3) perilaku politik pemilih sangat berkaitan dengan stimulus dan pertimbangan subjektif dalam merespon faktor stimulus yang diperolehnya; 4) sintesis teoritis yang didasarkan pada realitas locus penelitian menunjukkan bahwa, perilaku politik pemilih buruh Kabupaten Gresik mencirikan model diakronik, yaitu rasionalitas perilaku pemilih dengan mempertimbangkan jarak waktu pencapaian tujuan; dan 5) perilaku politik pemilih buruh di Kabupaten Gresik, merupakan perpaduan dari segmentasi retrospektif yang meliputi identifikasi figur, juru kampanye dari partai politik, rasionalitas pragmatis yang meliputi varian insentif/hibah politik dan kelompok penekan. Sementara segmentasi rasionalitas prospektif juga telah cukup kuat yaitu penilaian atas janji kampanye atau visi misi calon. Key Words: Perilaku Politik Buruh, Pilkada Langsung Gresik 2010.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Sociology (69001)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 02 May 2016 01:40
Last Modified: 02 May 2016 01:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo