UMM Institutional Repository

PERILAKU PETANI PENGADOPSI METODE SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR SOSIAL

Arissaryadin, (2013) PERILAKU PETANI PENGADOPSI METODE SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR SOSIAL. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arissaryad-33788-1-pendahul-n.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arissaryad-33788-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Sekolah Lapangan Pertanian Tanaman Terpadu (SL-PTT) merupakan salah satu program yang telah dicanangkan Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun 2008. Sekolah Lapangan Pertanian Tanaman Terpadu (SL-PTT) di Kecamatan Turen Kabupaten Malang dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni tahun 2009, dengan paket inovasi System Of Rice Intesification (SRI). Metode System Of Rice Intesification (SRI)adalah salah satu cara dalam praktek budidaya padi yang menekankan pada manajemen pengelolaan tanah, tanaman dan air yang berbasis pada kegiatan ramah lingkungan. Pada awal tahun 2010 ditemukan para petani alumni SL-PTT yang telah mempraktekkan metode system of rice intensification pada hamparan sawah yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan kondisi obyektif perilaku adopsi inovasi metode system of rice intensification petani, (2) Untuk mengetahui proses belajar sosial petani pengadopsi metode system of rice intensification, (3) Untuk mengetahui dampak positif proses belajar sosial bagi petani pengadopsi metode system of rice intensification. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan model studi kasus terhadap 3 petani pengadopsi system of rice intensification. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif, kemudian uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi obyektif adopsi inovasi metode System Of Rice Intesification (SRI), dimana petani subjek telah secara optimal menerapkan tatalaksana budidaya padi dengan metode System Of Rice Intesification (SRI) pada hamparan sawah yang dimiliki, (2) Proses belajar sosial petani dalam menjaring informasi metode System Of Rice Intesification (SRI) bersifat observational learning yang terdiri dari empat tahapan kognitif yaitu: (a) Proses atensional, (b) Retensional, (c) Produksi, (d) Penguatan dan motivasi, (3) Dampak positif bagi petani dari proses belajar sosial tersebut diantaranya: (a) petani memiliki perilaku baru atau adopsi metode System Of Rice Intesification (SRI), (b) Adanya efikasi diri sebagai keyakinan pada kemampuan diri sendiri untuk menerapkan metode System Of Rice Intesification (SRI) dengan efektif, (c) Petani termotivasi untuk mempertahankan dan secara berkelanjutan mempraktekkan metode System Of Rice Intesification (SRI) pada musim tanam berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate > Master of Psychology (73103)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 02 May 2016 01:22
Last Modified: 02 May 2016 01:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28726

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo