UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) BERBASIS KARAKTER BANGSA DI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO

HARTATI, ROOSDIANA IKA (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) BERBASIS KARAKTER BANGSA DI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-roosdianai-33908-1-pendahul-n.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-roosdianai-33908-2-babi.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan implementasi kebijakan pendidikan lingkungan hidup (PLH) berbasis karakter bangsa Di SMK Negeri 3 Probolinggo, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan datanya dengan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, MR, Waka Kurikulum, Kaprog Umum , guru PLH dan pembina Ekstra kurikuler yang sekaligus berperan sebagai subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan nilai karakter yang ada di SMK Negeri 3 Probolinggo dilaksanakan melalui program pengembangan diri (kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian) budaya sekolah, integrasi dalam kegiatan belajar mengajar (kelas, sekolah, luar sekolah) dengan penguatan nilai karakter bangsa berupa sikap (1) Peduli Lingkungan, (2) Peduli sosial, (3) Tanggung Jawab, (4) Rasa ingin tahu, (5) Kerja keras dan (6) Mandiri pada siswa.Pelaksanaan dari pendidikan budaya dan karakter bangsa ini menghadapi berbagai kendala seperti: (1) Rendahnya komitmen dan kesadaran dari para pendidik dalam mengembangkan PBKB, (2)belum adanya bahan ajar atau modul yang baku sehingga harus dicari sumber pembelajaran lain yang relevan, (3) sulitnya mengkondisikan mental siswa untuk peduli dan berbudaya lingkungan dengan latar belakang yang berbeda, (4) tidak adanya guru yang memiliki kompetensi mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup, (5) kurang maksimalnya peran serta semua warga sekolah dan masyarakat, (6) Kurang tersedianya sarana dan prasarana yang mampu mendukung secara penuh pelaksanaan PBKB, (7) adanya anggapan hanya orang-orang tertentu yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan PBKB, (8) kurang tegasnya sanksi yang diberlakukan terhadap segala bentuk pelanggaran, (9) kurang tersedianya dana atau biaya dalam kegiatan prakteknya yang mampu mendukung pembentukan sikap dan perilaku siswa, hal itu akan mempersulit proses ketercapaiannya walaupun sudah ada dukungan adanya sekolah adiwiyata, ISO 9001 : 2008 dan kebijakan yang mengarah pada pembentukan karakter untuk cinta dan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Apr 2016 08:01
Last Modified: 29 Apr 2016 08:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28713

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo