UMM Institutional Repository

ANALISIS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DITINJAU DARI PERMENDIKNAS NO 19 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN (Studi Kebijakan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo)

IFDLALI, (2013) ANALISIS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DITINJAU DARI PERMENDIKNAS NO 19 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN (Studi Kebijakan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ifdlali093-33911-1-pendahul-n.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ifdlali093-33911-2-babi.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomer 19 Tahun 2007 merupakan implementasi kebijakan yang diterapkan pada setiap satuan pendidikan sebagai kelanjutan reformasi pendidikan tentang standar pengelolaan pendidikan. Satuan pendidikan yang mengimplementasi kebijakan standar pengelolaan tersebut adalah SMP Nurul Jadid Paiton. Faktor yang menjadi latar belakang kebijakan standar pengelolaan tesebut adalah keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SMP Nurul Jadid dipengaruhi oleh situasi dan kondisi lingkungan, kesadaran warga sekitar Pondok Pesantren Nurul Jadid sebagai penyelenggara pendidikan dalam menciptakan iklim belajar yang sehat, kondusif, nyaman dan menyenangkan masih belum terpenuhi serta ketersediaan ruang kelas belum sesuai dengan jumlah rombongan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi Permendiknas No 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan di SMP Nurul Jadid Paiton, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Permendiknas No 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan di SMP Nurul Jadid Paiton dan dampak Permendiknas No 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan terhadap penungkatan mutu pendidikan di SMP Nurul Jadid Paiton. Penelitian ini dirancang dan dianalisa secara kualitatif dengan menggunakan analis SWOT. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi terhadap ketiga nara sumber. Pengolahan data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan kegiatan reduksi, display dan verifikasi data serta uji kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan kepala sekolah dalam implementasi Permendiknas No 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan dengan menjalankan Visi dan Misi sesuai tujuan yang ingin dicapai SMP Nurul Jadid. Kebijakan lainnya adalah pembentukan tim khusus, pelatihan guru dan kerja sama dengan komite sekolah. Kendala yang dijumpai antara lain kesejahteraan guru belum sesuai upah minimum regional (UMR), sumber daya manusia, waktu dan strategi pengembangan yang belum maksimal. Upaya sekolah adalah meningkatkan standar pengelolaan pendidikan dengan mengoptimalkan sarana prasarana dan kurikulum yang ada untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dampak terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMP Nurul Jadid adalah tingkat kelulusan mencapai 100% dalam 3 tahun terakhir dengan memaksimalkan fungsi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) yang sudah ada. Kata kunci : MPMBS, Pengeloaan, Mutu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Apr 2016 07:38
Last Modified: 29 Apr 2016 07:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28697

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo