UMM Institutional Repository

PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN GRESIK

AL FARUQ, UMAR (2013) PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN GRESIK. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umaralfaru-33849-2-babi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umaralfaru-33849-1-pendahul-n.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Gresik. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 110 guru yang berada di Kabupaten Gresik dengan pembagian jumlah sampel adalah 52 guru bersetifikasi dan 58 guru belum bersertifikasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Dari hasil analisis kuantitatif diperoleh bahwa : 1) Secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap kinerja guru bersertifikasi maupun belum bersertifikasi di Kabupaten Gresik; 2) Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompensasi terhadap kinerja guru bersertifikasi akan tetapi tidak signifikan untuk kinerja guru belum bersertifikasi di Kabupaten Gresik (α= 5%, r = 0,561); 3) Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan kompensasi dan motivasi terhadap kinerja guru bersertifikasi akan tetapi tidak signifikan untuk kinerja guru belum bersertifikasi di Kabupaten Gresik (R2 = 0.316); 4) Pengaruh Kompensasi terhadap kinerja guru melalui Motivasi tidak terdapat pengaruh signifikan secara tidak langsung yaitu dari kompensasi terhadap kinerja guru melalui motivasi baik pada guru bersertifikasi maupun belum bersertifikasi di Kabupaten Gresik. Saran yang dapat disumbangkan berkaitan dengan hasil penelitian, yaitu: Mengingat faktor kompensasi paling dominan pengaruhnya terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kabupaten Gresik maka hendaknya perlu ditingkatkan kompensasinya (gaji, bonus, insentif dan tunjangan khusus) agar kinerja guru dapat meningkat. Kata Kunci: Motivasi, Kompensasi, dan Kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Postgraduate > Master of Management (61101)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 29 Apr 2016 07:34
Last Modified: 29 Apr 2016 07:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28694

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo