UMM Institutional Repository

STUDI KOMPARASI TERHADAP REGULASI OTONOMI DAERAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN ACEH

NASRULLAH, (2013) STUDI KOMPARASI TERHADAP REGULASI OTONOMI DAERAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN ACEH. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nasrullah2-33576-1-pendahul-n.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nasrullah2-33576-2-babi.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Keberadaan daerah istimewa dan khusus yang memiliki regulasi khusus di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia telah mengundang perdebatan, dimana pada dasarnya negara kesatuan adalah negara yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Dengan adanya daerah yang memiliki regulasi khusus telah memberikan kesan penerapan konsep negara federal yang menginginkan persatuan, namun tidak menghendaki kesatuan. Untuk itu perlu kiranya diadakan penelitian dalam rangka mengurai masalah penerapan konsep negara federal di dalam negara kesatuan dengan tujuan untuk menemukan konsep negara kesatuan yang ideal. Adapun daerah otonomi khusus yang menjadi objek penelitian adalah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Aceh, penelitian dilakukan dengan studi komparasi untuk mengetahui perbedaan dan persamaan regulasi antara kedua daerah tersebut, kemudian dilakukan analisis dengan menggunaan konsep negara kesatuan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif yang menjadikan norma sebagai objek kajian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa pembentukan daerah otonomi khusus dengan regulasi khusus tidak sesuai dengan konsep negara kesatuan secara utuh, dan hal tersebut merupakan bagian dari penerapan konsep negara federal di dalam negara kesatuan Indonesia. Bentuk negara kesatuan di Indonesia adalah campuran yaitu penerapan dua sistem dalam satu negara (one state two sistem) yang kemudian disebut sebagai Negara Kesatuan Indonesia. Adapun bentuk negara kesatuan yang ideal menurut penulis yaitu negara memberikan kesempatan bagi semua daerah untuk mendapatkan otonomi khusus dengan memperhatikan potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia, dan kondisi sosial politik yang stabil untuk memastikan bahwa intergritas negara benar-benar dalam keadaan kokoh. Kata Kunci : regulasi khusus, otonomi, negara kesatuan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Law (74101)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 29 Apr 2016 03:44
Last Modified: 29 Apr 2016 03:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28676

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo