UMM Institutional Repository

PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 ( Studi Analisis Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir

MUTMAINNAH, (2015) PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 ( Studi Analisis Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mutmainnah-39756-1-pendahul-n.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mutmainnah-39756-2-babi.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Pendidik sebagai tenaga pengajar memiliki karakteristik kepribadian yang berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan diri peserta didik. Kepribadian yang baik dari sosok seorang pendidik akan memberikan teladan yang baik terhadap peserta didik maupun masyarakat, sehingga pendidik akan tampil sebagai sosok yang patut digugu (ditaati nasehat/ucapan/perintahnya) dan ditiru (di contoh sikap dan perilakunya). Kepribadian pendidik merupakan faktor terpenting bagi keberhasilan peserta didik.Luqman adalah nama hamba yang Allah jadikan namanya menjadi nama di salah satu surat di Al-Qur'an karena sifat beliau yang amat bijak dan takwa yang dimilikinya serta bagaimana beliau mendidik anaknya agar menjadi pribadi muslim yang setia kepada Allah. Keutamaan Luqman adalah beliau menggabungkan hikmah dan syukur menjadi karakter pendidik yang unggul. Karakter di mana ketika seorang hamba yang pandai berhikmah maka dia akan menjadi pribadi yang tenang akan setiap masalah karena tinggi ilmu yang dimiliki sehingga mudah saja memikirkan jalan keluar yang terbaik, bukan karena melupakannya. Syukur merupakan perilaku yang senantiasa meningkatkan kapasitas diri ketika nikmat di beri atasnya dan akan terus meningkatkan kapasitasnya dalam segi ibadah maupun muamalah ketika nikmat itu di tambah oleh Allah.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui siapa pendidik dalam Al-Qur'an surat Luqman12-19 dalam tafsir al-misbah dan tafsir ibnu katsir, ,karakteristik pendidik dan implikasinya terhadap pendidikan Agama Islam, yang terdapat dalam surah Luqman ayat 12-19. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kepustakaan (library research), karena data yang diteliti berupa tafsir al-misbah dan tafsir ibnu katsir seta tafsir-tafsir dan buku-buku lainya yang berkaitan dengan penelitan. Dengan menggunakan pendekatan historis filosofis. Data-data dianalisis menggunakan kaedah induktif, deduktif dan komparatif. Guna mencari jawaban dari beberapa permasalahan yang dirumuskan.Hasil penelitian yang dapat ditemukan dalam Al-Qur'an surat Luqman ayat 12-19 menurut M. Quraish Shihab dan Ibnu Katsir adalah: Pertama, bahwa pendidik bisa di lakukan oleh siapa saja, tidak dipandang dari segi fisik maupun hartanya akan tetapi dilihat dari ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya. Kedua, ditemukannya karateristik yang harus dimiliki oleh para pendidik di antaranya adalah sersikap, Rabbaniyyah, Zuhud, ikhlas, Kasih sayang, dan Sabar. Ketiga, hendaknya memiliki kualifikasi karakteristik yang dapat membedakannya dengan yang lain diantaranya, memiliki kepribadian yang bagus (Personaliti), Profesional, Sosial.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 29 Apr 2016 03:18
Last Modified: 19 Feb 2018 06:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28669

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo