UMM Institutional Repository

PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK USIA DINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA/ BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME ) DI PAUD TERPADU RESTU 2 KOTA MALANG

Rohmiati, (2015) PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK USIA DINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA/ BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME ) DI PAUD TERPADU RESTU 2 KOTA MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohmiati08-39757-1-coverde-n.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohmiati08-39757-2-bab1.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Sentra/BCCT (Beyond Center And Circle Time) Di PAUD Terpadu Restu 2 Kota Malang. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menyempurnakan pembelajaran dalam upaya pembentukan Akhlak Anak Usia Dini dengan penerapan model pembelajaran Sentra/BCCT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang pentingnya pembentukan Akhlak pada Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Restu 2 kecamatan Klojen Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah diambil kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) dengan data hasil wawancara dan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembentukan Akhlak Anak USIA Dini melalui model Pembelajaran Sentra /BCCT (Beyond Centers and Circle Times) dalam pembentukan Akhlak anak dilaksanakan pada saat anak melakukan proses kegiatan pembelajaran. Kegiatan tersebut melalui sebuah tahapan, diantaranya: kegiatan pembuka (Circle Time), Pijakan sebelum bermain, Pijakan saat bermain, dan pijakan setelah bermain. (2) Faktor pendukung model pembelajaran sentra/ BCCT adalah perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang baik, sesuai dengan kebutuhan dan tumbuh kembang anak, (3) Model Pembelajaran Sentra/BCCT akan terlaksana dengan efektif apabila Pendidik memahami metode BCCT, dan ditunjang pula dengan tersedianya bahan atau alat pembelajaran yang memadai. (4) Keteladanan dari pendidik, orang tua, dan orang-orang yang ada di sekitar anak sangat menentukan pembentukan Akhlak anak Usia Dini. (5) Dari hasil penelitian Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini melalui model Pembelajaran Sentra/BCCT menunjukkan hasil yang memuaskan, hal ini terlihat dari banyaknya indikator-indikator pembelajaran yang sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 29 Apr 2016 03:15
Last Modified: 29 Apr 2016 03:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo