UMM Institutional Repository

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENANAMKAN KARAKTER KEAGAMAAN SEKOLAH DASAR NEGERI KAUMAN 1 KOTA MALANG

Hafidz, (2013) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENANAMKAN KARAKTER KEAGAMAAN SEKOLAH DASAR NEGERI KAUMAN 1 KOTA MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hafidz2010-33782-1-pendahul-n.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hafidz2010-33782-2-bab1.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam di Indonesia merupakan salah satu materi yang wajib diberikan pada setiap jenjang pendidikan, akan tetapi dalam implementasinya banyak mengalami berbagai persoalan, ketidak berhasilan pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter keagamaan, di karenakan kurangnya profesionalisme guru, sehingga materi agama Islam belum memberikan pemahaman secara konprehenshif (utuh), maka diperlukan adanya model pembelajaran dan penetapan dalam memilih strategi pembelajaran agama Islam untuk menanamkan karakter keagamaan pada pebelajar dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang model, perencanaan, dan pengelolaan pembelajaran agama Islam di SDN Kauman 1 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan lokasi SDN Kauman 1 Kota Malang, sebagai subyek penelitian adalah pembelajar (guru) yang telibat langsung dalam proses pembelajaran dan pebelajar (siswa) yang menerima langsung dan responden terkait. Fokus penelitian dikhususkan pada bagaimana model, perencanaan, dan pengelolaan pembelajaran yang ada di SDN Kauman 1, dengan metode pengumpulan data adalah metode observasi (pengamatan) wawancara dan dokumentasi (arsip). Analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data, dan keabsahan diukur dengan model Miles dan Huberman Hasil analisis tentang model, perencanaan dan pengelolaan dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1. Model pembelajaran di SDN Kauman 1 untuk menanamkan karakter keagamaan dilakukan dengan model terpadu antara induktif dan CTL ( Contectual Teaching and Learning) yang diimplementasikan dengan pembiasaan, kedisiplinan, kejujuran dan hormat serta santun. 2. Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Kauman 1 untuk menanamkan karakter keagamaan adalah penataan dan pemilihan isi pembelajaran dengan tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran dari tingkat yang mudah sampai pada tingkat yang sulit, dengan berpedoman pada kurikulum dan langkah-langkahnya yang telah dibakukan yaitu meliputi: al-QurÂ’an, Keimanan, Akhlaq dan Fiqh. Di akhir kegiatan pembelajar membuat rangkuman dengan memperhatikan bobot materi yang disampaikan. 3. Pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Kauman 1 untuk menanamkan karakter keagamaan, yaitu adanya penjadwalan penggunaan strategi dan disesuaikan dengan ketentuan yang ada dalam kurikulum. Dengan menggunakan catatan kemajuan belajar yang dilakukan pada saat proses dan setelah pembelajaran sebagai control terhadap perilaku positif pebelajar.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 29 Apr 2016 03:12
Last Modified: 29 Apr 2016 03:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28664

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo