UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1)

JUFRI, (2013) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jufri20112-33783-1-pendahul-n.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jufri20112-33783-2-babi.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pendidikan merupakan proses pelatihan dan pengembangan pengetahuan, keterampilan, pikiran dan karakter seseorang agar dapat mencapai kematangan hidup yang lebih baik. Fokus dari pendidikan diharapkan agar dapat mematangkan kualitas logika, hati, akhlak dan keimanan sehingga dapat tercapai titik kualitas hidup. Berdasarkan pernyataan tersebut sehingga suatu lembaga pendidikan harus dapat mengubah kualita shidup manusai agar dapat menjadi manusai yang berguna. Peningkatan kualitas pendidikan harus menjadi prioritas utama setiap lembaga pendidikan namun menurut Depdiknas (2000) penyebab rendahnya mutu pendidikan antara lain pengelolaan pendidikan yang sentralistik. Seiring dengan otonomi daerah juga membawa otonomi pengelolaan lembaga pendidikan yang dikenal dengan nama manajemen berbasis sekolah (MBS). Beberapa karakteristik dalam MBS yang merupakan kewenangan dari sekolah untuk dikelola secara langsung salah satunya adalah proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar merupakan salah satu dari karakteristik MBS yang merupakan kewenangan dari sekolah untuk mengelola sendiri lembaganya agar dapat mencapai kualitas pendidikan yang diharapkan. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang menerapkan MBS adalah MAN Malang 1. Sebagaimana karakteristik MBS, proses belajar mengajar di MAN Malang 1 diterapkan dengan sebaik baiknya sehingga menjadi bagian dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan baik itu mutu bidang akademik maupun non akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan paradigma kualitatif sehingga proses pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. yang menjadi informan peneliti adalah wakil kepala sekolah yangmenangani bidang kurikulum dan sarana dan prasarana dan guru-guru mata pelajaran yang melakukan proses belajar mengajar. Untuk menguji instrumen pengumpul data, penulis menggunakan tiga cara antara lain perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi, pengecekan sejawat, kecukupan bahan referensi dan member cek. Adapun analisis data yang penulis lakukan adalah dengan metode analisis selama dilapangan seabagimana menurut Miles dan Hubermen (dalam Sugiono,2010) adalah interactive model Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis menemukan lima poin yang diimplementasikan dalam MBS sebagaimana karakteristik yang menjadi fokus peneliti yaitu proses belajar mengajar. Temuan tersebut antara lain 1) media pembelajaran digunakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan dapat memahami konsep yang diberikan oleh guru 2) memberikan pelajaran kepada siswa sesuai dengan pengalaman siswa. 3) selalu memotifasi siswa agar dapat lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa 4) keragama metode yang digunakan oleh guru dalam menyajikan pelajaran. Metode yang digunakan tergantung dari keadaan siswa, 5) peranan guru yang bertindak sebagai fasilitator, demonstrator, pengelola dan evaluator. Selain karakteristik tersebut, ada dua faktor pendukung implementasi MBS dalam peningkatan mutu yaitu 1) SDM yang dikembangkan di MAN Malang 1 melalui berbagai pelatihan seperti MGMP atau studi lanjut. 2) sarana dan prasarana yang diadakan berdasarkan kerjasama dengan pihak komite sehingga kebutuhan dalam proses belajar mengajar dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 29 Apr 2016 03:10
Last Modified: 29 Apr 2016 03:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28663

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo