UMM Institutional Repository

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERINGKAT MENENGAH ( STUDI KASUS MADRASAH TAHFIZ SEKOLAH UGAMA RADIN MAS SINGAPURA)

Saridin, Rasman Bin (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERINGKAT MENENGAH ( STUDI KASUS MADRASAH TAHFIZ SEKOLAH UGAMA RADIN MAS SINGAPURA). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rasmanbins-33787-1-pendahul-n.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rasmanbins-33787-2-babi.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Judul Tesis ini adalah Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Ugama Radin Mas Singapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Ugama Radin Mas Singapura. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui gambaran strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui faktor pendukung strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam dan mengetahui faktor penghambat strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Ugama Radin Mas Singapura. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah terletak di Sekolah Ugama Radin Mas Singapura. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interpretative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SURM berjalan sesuai dengan rencana dan kurikulum yang telah dibuat. Meskipun demikian, dari banyak strategi dan metode pembelajaran yang relevan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hanya sebagian saja yang digunakan secara maksimal oleh para guru di Sekolah Ugama Radin Mas Singapura. Lebih dari itu, sebagian guru cenderung tidak mau mengubah strategi dan metode pembelajarannya jika guru tersebut sudah merasa nyaman dengan strategi dan metode yang telah digunakannya. Faktor pendukung pembelajaran PAI di SURM ada banyak. Di antaranya adalah suasana tempat belajar di sekolah yang kondusif, keberadaan para ustadz yang memberikan teladan yang baik bagi para pelajar, kesadaran para guru di SURM untuk senantiasa melibatkan semua unsur yang ada dalam proses belajar mengajar, dan adanya sarana dan prasarana yang memadai di SURM. Faktor penghambat pembelajaran PAI di SURM secara umum dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, internal dan eksternal. Di antara faktor penghambat internal adalah: 1) Adanya sebagian peserta didik yang tidak pandai Bahasa Melayu; 2) Tidak samanya latar belakang pendidikan para pelajar baru di SURM.; 3) Adanya sebagian pelajar yang kehilangan minat belajarnya; dan 4) Adanya kendala waktu yang terbatas. Di antara faktor penghambat eksternal adalah: 1) Faktor lingkungan di luar sekolah yang tidak kondusif bagi para pelajar; dan 2) Adalah adanya media di luar sekolah, yang tidak mendukung apa yang dipelajari oleh peserta didik di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 29 Apr 2016 03:05
Last Modified: 29 Apr 2016 03:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28658

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo