UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA TERPAAN IKLAN IM3 VERSI VOUCHER INTERNET DI TELEVISI DENGAN TINGKAT PENGGUNAAN DI KALANGAN SISWA SMU ( Studi pada Siswa Kelas XI di SMU Negeri 09 Malang )

Ameliasari, Ayu (2011) HUBUNGAN ANTARA TERPAAN IKLAN IM3 VERSI VOUCHER INTERNET DI TELEVISI DENGAN TINGKAT PENGGUNAAN DI KALANGAN SISWA SMU ( Studi pada Siswa Kelas XI di SMU Negeri 09 Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ayuamelias-23347-PENDAHUL-N.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ayuamelias-23347-BAB+I.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Perkembangan media massa dalam dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Dan diantaranya adalah media Televisi yang dianggap mampu menggabungkan suara, gambar dan tulisan dalam satu kesatuan sehingga masyarakat mudah menangkap pesan yang disampaikan dalam mengenali produk dan jasanya dalam bentuk iklan. Sebagai salah satu contohnya adalah iklan yang berkaitan dengan teknologi komunikasi. Salah satu iklan teknologi komunikasi yang saat ini sedang trend dan digemari masyarakat di Indonesia ini adalah Operator Teleponnya. Semakin banyaknya jumlah provider handphone dan operator telepon, semakin banyak, mereka memberikan fitur-fitur terbaik mereka, salah satunya yaitu yang dituangkan dalam iklan voucher internet IM3. Dengan adanya iklan voucher internet, diharapkan pengguna internet akan semakin mudah mengakses segala informasi, pemasaran menggaet pelanggan yang lebih banyak lagi, serta memberikan kepuasan kepada pelanggan. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui ada tidaknya dan besarnya pengaruh terpaan tayangan iklan indosat IM3 versi voucher internet di televisi terhadap tingkat penggunaan di kalangan siswa SMU Negeri 09 Malang. Penelitian ini menggunakan Teori Uses And Gratification atau Teori kegunaan dan kepuasan. Maksudnya adalah adalah kita dapat memahami interaksi orang dengan media melalui pemanfaatan media oleh orang itu (uses) dan kepuasan yang diperoleh (gratification). Gratifikasi yang sifatnya umum antara lain pelarian dari rasa khawatir, peredaan rasa kesepian, dukungan emosional, perolehan informasi, dan kontak sosial. Media massa sebagai alat perantara dalam penyampaian dan pemenuhan informasi kapada semua khalayak. Masyarakat sangat membutuhkan media sebagai pemuas kebutuhan informasi yang diperlukannya. Sehingga sebuah tayangan media massa elektronik yang khususnya media televisi adalah sebagai alat perantara dan penyedia informasi dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif, karena akan mengukur variabel-variabel dan tingkat hubungan antara variabel yang satu dengan yang lainnya. Jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian Explanatiory ( penjelasan ) karena penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dibagi dalam dua bagian, yaitu data primer, alat yang digunakan adalah angket. Data sekunder yaitu data-data pendukung dengan teknik dokumentasi jumlah siswa-siswi kelas XI SMU Negeri 09 Malang. Sampel ditentukan secara Purposive sampling, yakni teknik sampling dengan cara memilih sampel berdasarkan pada kelompok, wilayah atau sekelompok individu melalui pertimbangan tertentu yang diyakini mewakili semua unit analisis yang ada. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 106 dari populasi 290 siswa-siswi kelas XI SMU Negeri 09 Malang. Untuk menguji validitas instrument menggunakan dalam penelitian Factorial Validity yaitu validitas yang mempertimbangkan perbandingan skor antara skor (satu) item tertentu dengan rata-rata semua items yang ada. Reliabilitas instrument digunakan internal consistency dengan Teknik Belah Dua. Skala yang digunakan adalah skala Likert. Prosedur pengelolaan teknik belah dua dihitung melalui Rumus Spearman Brown. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan yang ingin mengetahui apakah terdapat hubungan (korelasi) antara Terpaan Tayangan iklan IM3 versi voucher internet (variabel X) dengan tingkat penggunaan di kalangan siswa SMU (variabel Y), maka diperoleh nilai koefisien Korelasi rxy sebesar 0,826 sedangkan nilai rtabel sebesar 0,195. Oleh karena nilai rxy > ( lebih besar ) dari nilai rtabel, maka isyaratnya bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Ini berarti bahwa terdapat hubungan (Korelasi) antara Terpaan Tayangan iklan IM3 versi voucher internet di televisi(variabel X) dengan tingkat penggunaan di kalangan siswa SMU (variabel Y). Karena nilai Koefisien Determinasi (R) = 0,683 dan ini berarti besarnya hubungan cukup tinggi. Tingkat kepercayaan yang diberikan sebesar 95%, dengan peluang kesalahan sebesar 5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Apr 2016 03:04
Last Modified: 29 Apr 2016 03:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28657

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo