UMM Institutional Repository

MOTIF ANAK MUDA MENONTON TAYANGAN MTV "INSOMNIA" di GLOBAL TV (Studi pada Anak Muda di "Angkringan Klaten" Jalan Soekarno-Hatta Malang)

Pratama, Alfin (2011) MOTIF ANAK MUDA MENONTON TAYANGAN MTV "INSOMNIA" di GLOBAL TV (Studi pada Anak Muda di "Angkringan Klaten" Jalan Soekarno-Hatta Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-alfinprata-23942-BAB+I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-alfinprata-23942-Pendahul-n.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Peneliti tertarik mengambil judul Motif Anak Muda Menonton Tayangan MTV Insomnia di Global TV (Study Kasus pada Anak Muda di Angkringan Klaten Jalan Soekarno-Hatta), karena Tayangan MTV Insomnia adalah jenis variety show garapan MTV dan juga Global TV yang jam penanyangannya berada di luar jam normal, yakni berada pukul 2 dini hari. Mengingat segmentasi dari MTV adalah anak muda dan pandangan bahwa anak muda memiliki jadwal pagi hari yang padat membuat peneliti tertarik meneliti motif dari anak muda menonton tayangan larut malam. Uraian di atas yang menimbulkan adanya sebuah pertanyaan bagi peneliti yakni apakah motif yang melatarbelakangi anak muda itu menonton tayangan MTV Insomnia yang notabene tayang bukan pada jam tayang prime time. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang kemudian dari data yang didapat dideskripsikan. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah anak muda yang berada di sekitar angkringan Klaten di Jalan Soekarno-Hatta yang memiliki beberapa kriteria tertentu. Responden atau sampel diberi kuesioner yang berisi pertanyaan seputar motif intrinsik dan ekstrinsik. Dari motif-motif tadi sudah terdapat kategorisasi dari tayangan yang akan peneliti lakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukan ada beberapa kategorisasi motif intrinsik yakni mencari hiburan, menambah wawasan di bidang musik, menambah wawasan di bidang band indie, menambah wawasan perkembangan teknologi, untuk menambah wawasan, mengurangi rasa kesepian, menambah cara bercanda, untuk melepas penat. Namun dari kategori di atas, yang paling dominan yakni kebutuhan mencari hiburan dan mengurangi rasa kesepian di tengah malam. Sedangkan kategorisasi motif ekstrinsik antara lain, adanya VJ atau pembawa acara dari tayangan ini, format acara yang unik, penelfon via telefon interaktif, jadwal tayang, saran dan tips dari VJ MTV, dan juga video klip dari dalam dan internasional. Yang paling banyak mendorong anak muda untuk menonton tayangan ini yakni dari format acara MTV Insomnia yang berbeda dibanding yang lain. Tayangan yang selalu berhubungan dengan anak muda ini dapat disimpulkan dari dua motif antara motif intrinsik dan ekstrinsik, para responden atau anak muda dalam menonton tayangan MTV Insomnia paling tinggi didorong oleh motif intrinsik yakni kebutuhan mencari hiburan dan tayangan yang mampu mengurangi rasa kesepian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:37
Last Modified: 29 Apr 2016 02:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28646

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo