UMM Institutional Repository

EFEKTIFITAS PASAL 22 UU NO. 23 TAHUN 2011 TENTANG ZAKAT SEBAGAI PENGURANGAN PENDAPATAN KENA PAJAK (STUDI DI KPP PRATAMA BATU)

SUSILOWATI, RENI (2013) EFEKTIFITAS PASAL 22 UU NO. 23 TAHUN 2011 TENTANG ZAKAT SEBAGAI PENGURANGAN PENDAPATAN KENA PAJAK (STUDI DI KPP PRATAMA BATU). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renisusilo-32676-1-pendahul-n.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renisusilo-32676-2-babi.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Gagasan dalam membahas efektifitas pasal 22 UU No. 23 tahun 2011 tentang zakat sebagai pebgurangan kena pajak, karena sudah benyak peraturan-peraturan dari pemerintah yang membahas mengenai ketentuan ini. Mulai dari UU No. 38 Tahun 1999 sampai diganti dengan UU yang terbaru yaitu UU No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. Dari jangka pergantian undang-undang itu sudah banyak peraturan pendukungnya untuk mengefektifkan ketentuan ini. Dilihat dari peraturan itu memang terlihat efektif karena banyak penunjang dari peraturan-peraturan itu. Akan tetapi dilihat dari kondisi masyarakat sekarang ketentuan itu terlihat asing, dan terdengar masih baru. Maka skripsi ini penulismencoba memberikan sumbangan pemikiran terhadap ketentuan itu yang terjadi di masyarakat. Atas dasar tersebut maka penulis membuat skripsi dengan judul “Efektifitas Pasal 22 UU No. 23 Tahun 2011 Tentang Zakat Sebagai Pengurang Pendapatan Kena Pajak ( Studi Di KPP Prtama Batu)”. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode yuridis sosiologis yaitu hukum dalam kenyataannya didalam kehidupan social kemasyarakatan, bukan kenyataan dalam bentuk pasal-pasal dalam perundang-undangan, melainkan sebagaimana hukum dioperasikan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Juga menggunakan teknik analisa data deskriptif-kualitatif yang menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala tau kelompok tertentu, atau untuk menentukan penyebaran suatu gejala, atau untuk menentukan ada tidaknya hubungan antara suatu gejala dengan gejala lain dalam masyarakat. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, efektifitas ketentuan zakat sebagai pengurangan pendapatan kena pajak di KPP Pratama Batu masih sangat sedikit sekali hanya berkisar satu sampai 6 orang saja paling banyak dari kurang lebih tiga ratus orang yang membayar pajak penghasilan ke KPP Pratama Batu. Dari kurang efektifnya ketentuan itu terdapat faktor kendala yang menyebabkan keefektifan undang-undang itu masih sangat kurang yaitu dari masyarakat dan penegak hukumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Twinning Program
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:35
Last Modified: 29 Apr 2016 02:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28645

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo