UMM Institutional Repository

PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MUHAMMADIYAH I TLOGOMAS MALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MAKRUF, MOH. (2014) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MUHAMMADIYAH I TLOGOMAS MALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohmakruf0-33975-1-pendahul-n.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohmakruf0-33975-2-babi.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Mempelajari dan memahami bahasa terutama Bahasa Arab merupakan hal yang urgen bagi kaum muslim, tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia. Pada dasarnya Bahasa Arab fungsi dan peranannya amat sangat dominan sebagai “jembatan” untuk mengenali Islam lebih jauh khususnya melalui Al-Qur’an dan Al-Hadits. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka yang menjadi masalah yang ingin dijawab dan menjadi tujuan untuk mengetahui permasalahan tersebut dalam penelitian ini adalah; problem apa saja yang dihadapi guru Bahasa Arab pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTs Muhammadiyah I Malang, jalan keluar apa saja yang ditempuh guru Bahasa Arab dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab di MTs Muhammadiyah I Malang. Agar mengetahui tentang permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian dan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu, terdapat 3 problem di MTs Muhammadiyah I Malang. 1). Keterbatasan jumlah guru pengajar. 2). Kemampuan dasar siswa rendah. 3). Sarana dan prasarana kurang memadai. Upaya-upaya yang dilakukan sekolah dari 3 problem tersebut adalah: 1). Keterbatasan jumlah guru pengajar, sekolah akan menambah jumlah guru pengajar mata pelajaran Bahasa Arab. 2). Kemampuan dasar siswa rendah, siswa yang kemampuan dasarnya rendah diberikan pelajaran tambahan agar dapat bersaing dengan teman-teman yang lain. 3). Sarana dan prasarana, pembelajaran Bahasa Arab yang berkaitan dengan sarana dan prasarana sebagai penunjang yang belum memadai akan dilengkapi contohnya seperti laboratorium.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Apr 2016 12:05
Last Modified: 28 Apr 2016 12:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28628

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo