UMM Institutional Repository

PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PROGRAM LASKAR AS-SUNNAH DI SD MUHAMMADIYAH 04 KOTA BATU

SHOLIHAH, (2014) PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PROGRAM LASKAR AS-SUNNAH DI SD MUHAMMADIYAH 04 KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sholihah09-33977-2-babi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sholihah09-33977-1-pendahul-n.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertempat di SD Muhammadiyah 04 Kota Batu, di Jalan Welirang No 17 Desa Sisir Kota Batu. Penelitian ini dilaksanakan satu bulan dan bertujuan untuk mengetahui pendidikan akhlak apa saja yang ditanamkan guru melalui program Laskar as-Sunnah dan faktor yang mendukung dan menghambat pendidikan akhlak melalui program Laskar as-Sunnah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SD Muhammadiyah 04 Kota Batu, guru yang menerapkan program Laskar as-Sunnah dan anak didik sebagai penggerak Laskar as-Sunnah. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder, Analisis data penelitian yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, menyimpulkan data. Beberapa faktor yang mendukung dan menghambat pendidikan akhlak yang diterapkan guru melalui program Laskar as-Sunnah dalam penelitian ini, penulis dapat melihat keberhasilan dalam menciptakan suasana religius dan perkembangan program Laskar as-Sunnah yang diaplikasikan anak didik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Di samping itu anak didik mampu mengkoordinir, mengingatkan dan bertanggung jawab dengan apa yang ditugaskan. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat pendidikan akhlak melalui program Laskar as-Sunnah yang diterapkan guru di sekolah. Faktor yang mendukung adalah guru, fasilitas, kepala sekolah dan anak didik yang antusias dalam menjalankan program Laskar as-Sunnah. Sedangkan yang menjadi penghambat program Laskar as-Sunnah yaitu lingkungan sekitar atau teman sepermainan dan orang tua. Dari sisi pendidikan akhlak yang diterapkan guru melalui program Laskar as-Sunnah, penulis membagi menjadi 4 bagian yaitu: bersikap disiplin, bersikap ramah terhadap diri sendiri maupun orang lain, sikap religius dan bersikap sopan dan santun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Apr 2016 11:59
Last Modified: 28 Apr 2016 11:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28627

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo