UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS METODE AL-JADID DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN DI SMPN 3 BATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NURICHA, FATMA (2014) EFEKTIVITAS METODE AL-JADID DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN DI SMPN 3 BATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatmanuric-35572-1-pendahul-n.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatmanuric-35572-2-babi.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode al-Jadid pada pembelajaran al-QurÂ’an di SMPN 3 Batu. dan mendeskripsikan efektivitas dan efisiensi metode al-Jadid dalam meningkatkan keterampilan membaca al-QurÂ’an pada siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian campuran (kualitatif-kuantitatif) dengan lokasi penelitian di SMPN 3 Batu, informan penelitian yaitu; Kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru pendidikan agama Islam, guru pengajar al-QurÂ’an dan siswa. Populasi yaitu ekstrakurikuler BTA kelompok 1 berjumlah 7 siswa dan sampelnya yaitu 7 siswa. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif (uji T-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode al-Jadid pada pembelajaran baca al-QurÂ’an di SMPN 3 Batu meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran meliputi beberapa langkah yaitu pembukaan, kegiatan inti dan penutup. Evaluasi dilakukan sebagai tolak ukur keberhasilan metode al-Jadid dalam pembelajaran baca al QurÂ’an. Metode al-Jadid dapat dikatakan efektif dan efisien dalam pembelajaran al-QurÂ’an di SMPN 3 Batu. Efektif dari segi proses pembelajaran dan segi hasil. Segi proses guru mampu menerapkan metode dengan mengoptimalkan pengajaran di kelas dengan suasana yang menyenangkan dan siswa terlibat aktif. Sedangkan dari segi hasil, terdapat peningkatan keterampilan siswa SMPN 3 Batu dalam membaca al-QurÂ’an. Efisiensi terlihat dari pertimbangan yang tepat dalam memilih waktu, biaya, dan fasilitas yang mendukung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Apr 2016 11:43
Last Modified: 28 Apr 2016 11:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28622

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo