UMM Institutional Repository

PERANAN PENGASUH DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AR-ROHMAH PUTRI MALANG

MANSYUR, HAVISAH (2014) PERANAN PENGASUH DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AR-ROHMAH PUTRI MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-havisahman-35574-1-pendahul-n.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-havisahman-35574-2-3.babi.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Fenomena dekadasi moral dikalangan remaja semakin meningkat, misalnya, aborsi, hubungan sex yang bebas, tontonan VCD porno yang sudah merajalela. Sehingga mengakibatkan para orang tua mengalami kebingungan dalam mendidik anak-anaknya. Untuk mengantisipasi agar remaja tidak mudah larut dalam kebejatan akhlak, maka diperlukan suatu tempat untuk membimbing dan mengarahkan mereka agar segala tingkah laku dan tindaktanduknya sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam. Penelitian ini dijabarkan ke dalam beberapa rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peranan pengasuh dalam pembinaan akhlak pada santriwati di pondok pesantren Ar-Rohmah Putri Malang?; (2) Apa metode yang dipergunakan pengasuhdalam pembinaan akhlak pada santriwati di pondok pesantren Ar-Rohmah Putri Malang?; (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak santriwati di pondok pesantren Ar-Rohmah Putri Malang? Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Serta menggunakan teknik analisis data model interaktif dengan alur tahapan: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction ), penyajian data (data display), dan kesimpulan atau verifikasi (conclution drawing & verifying ), dan membandingkan hasil wawancara dari semua informan dengan kajian empiris dan teoritis; maka dapat disajikan temuan penelitian sebagai berikut:Pertama , peranan pengasuh dalam pembinaan akhlak di pondok pesantren Ar-Rohmah Putri Malang, yaitu: (1) mengadadakan kegiatan kajian-kajian Islam kepada santriwati, (2) mengadakan kegiatan pembentukan karakter, (3) mengadakan KBS (kumpul bareng santriwati), (4) Pembinaan Imtaq, Kedua, metode -metode yang dipergunakan oleh pengasuh dalam pembinaan akhlak pada santriwati di pondok pesantren Ar-Rohmah Putri Malang, yaitu: (1) metode teladan, (2) metode pembiasaan, (3) metode nasehat, (4) metode cerita, (5) mtode tsawab dan ganjaranKetiga, faktor pendukung dan penghambat pengasuh dalam pembinaan akhlak pada santriwati di pondok pesantren Ar-Rohmah Putri Malang, yaitu: (1) faktor Pendukung, (a) adanya pengaruh ustadzah atau pengasuh, (b) adanya interaksi sosial yang baik antara pengasuh dengan santriwati, (c) adanya minat yang tinggi dari santriwati. (2) faktor penghambat, (a) pola hidup santriwati di rumah dan di pondok berbeda, (b) pola asuh antara orang tua dengan pengasuh juga berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Apr 2016 11:31
Last Modified: 28 Apr 2016 11:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28620

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo