UMM Institutional Repository

Implementasi Bimbingan dan Konseling melalui pendekatan Islam (Studi pada Mts. Muhammadiyah Tlogomas Malang)

MARDIANA, (2013) Implementasi Bimbingan dan Konseling melalui pendekatan Islam (Studi pada Mts. Muhammadiyah Tlogomas Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mardiana09-32718-1-pendahul-n.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mardiana09-32718-2-babi.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Ketidakmampuan siswa mengambil keputusan atau menyikapi problematika pribadi, sosial, akademik menimbulkan perilaku menyimpang bahkan keluar dari koridor agama sehingga dibutuhkan pelayanan BK di sekolah, dalam hal ini MTs. Muhammadiyah 1 Malang merupakan lembaga yang berlatar-belakang Islam, sehingga segala aktivitas pembinaan yang ada tidak lepas dari nuansa keIslamannya, termaksud layanan BK yang ada. Adapun masalah yang akan penulis angkat dalam penelitian ini ialah : (1) Bagaimana implementasi BK melalui pendekatan Islam. (2) Bagaimana kecenderungan kasus-kasus yang terdata di layanan BK. (3) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat bagi konselor dalam mengimplementasikan BK melalui pendekatan Islam. Selanjutnya penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan implementasi BK melalui pendekatan Islam. Lebih jauh penelitian ini hendak menguraikan proses pelaksanaan BK yang dilakukan berdasarkan pendekatan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan subyek penelitian kepala sekolah, konselor BK, koordinator BK, dan siswa-siswi. Pemilihan MTs.Muhammadiyah 1 Malang sebagai lokasi penelitian didasari bahwa sekolah ini memiliki latar belakang pendidikan yang memadukan antara pendidikan keagamaan dan pendidikan umum, sehingga segala proses kegiatan yang ada tentu berlandaskan keagamaan termaksud program BK sebagai jenis layanan bagi siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis berupa data-data yang tertulis atau lisan seseorang atau dari perilaku yang diamati, selain itu untuk mendukung uraian dari keadaan yang terjadi di lapangan penulis menyertakan table, gambar dan dokumen-dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknis bimbingan dan konseling di MTs Muhammadiyah terbagi menjadi dua yakni : (1). Teknik Individu. (2).Teknik Kelompok. Bimbingan dan konseling melalui pendekatan Islam dapat dilihat melalui kaloborasi dan sinergisitas yang dilakukan konselor bersama koordinator BK (yang merangkap sebagai guru keagamaan), sehingga siswa yang telah mendapatkan konseling akan di follow-up basic keagamaanya melalui pembinaan keagamaan oleh koordinator BK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Apr 2016 10:51
Last Modified: 28 Apr 2016 10:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28615

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo