UMM Institutional Repository

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 BOJONEGORO

Umamah, Choirul (2013) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 BOJONEGORO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-choiruluma-32719-1-pendahul-n.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-choiruluma-32719-2-babi.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro menjadi objek penelitian karena sekolah memiliki peserta didik yang bervariasi dari lulusan SD dan MI. Adanya beberapa siswa yang berasal dari Sekolah Dasar memerlukan penanganan yang lebih serius dibandingkan dengan siswa yang berasal dari MI. Begitu juga masih ada beberapa siswa yang tidak terbiasa membaca Al-Qur’an dirumah dan juga tidak mengikuti kegiatan di TPQ. Seperti yang kita ketahui pelajaran keagamaan di SMP Muhammadiyah lebih banyak dibandingkan sekolah SMP yang lain yaitu tambahan seperti bahasa Arab dan Kemuhammadiyahan, yang mengharuskan siswa memiliki kemampuan dasar dalam membaca al-Qur’an. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan motivasi siswa belajar membaca al-Qur’an sebagai suatu proses, yang dapat mengantarkan siswa pada perbaikan. Selain itu SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro adalah salah satu lembaga pendidikan yang berlabel Islam merasa memiliki tanggung jawab terhadap prkrmbangan peserta didiknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) upaya apa yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan motivasi siswa belajar membaca al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro dan (2) faktor pendukung dan penghambat apa dalam peningkatan motivasi belajar membaca al-Qur’an siswa SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) upaya-upaya sekolah dalam peningkatan motivasi belajar membaca siswa SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro dan (2) faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan motivasi belajar membaca al-Qur’an siswa SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro. Penelitian ini dilakukan dengan memfokuskan pada batasan masalah yang diteliti. Dengan tujuan tersusun dengan rapi dan fokus. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui beberapa upaya yang sudah dilakukan oleh sekolah antara lain: proses membaca al-Qur’an secara bersama-sama sebelum pelajaran dimulai, adanya kegiatan “classmeeting” yang dilaksanakan setelah UAS, dan bimbingan khusus pada waktu istirahat bagi siswa yang belum bisa membaca al-Qur’an. Faktor pendukung peningkatan motivasi belajar membaca al-Qur’an diantaranya adalah banyaknya siswa SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro yang belum dapat membaca al-Qur’an dengan lancar dan juga ruang belajar yang bersih dan nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga pengajar yang terampil dan berkompeten dalam membelajarkan siswa serta terbatasnya buku-buku iqro’ dan al-Qur’an yang dimiliki oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Apr 2016 10:49
Last Modified: 28 Apr 2016 10:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28614

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo