UMM Institutional Repository

ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN HAMKA TENTANG KONSEP ETIKA GURU DAN MURID

ATTUBEL, ROSIDAH (2013) ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN HAMKA TENTANG KONSEP ETIKA GURU DAN MURID. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rosidahatt-31655-1-pendahul-n.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rosidahatt-31655-2-babi.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Peserta didik merupakan salah satu komponen dari pendidikan. Peserta didik memiliki potensi-potensi yang mapan untuk dikembangkan. Adapun faktor yang dapat mengembangkan potensi diri peserta didik adalah dirinya sendiri dan faktor diluar dirinya yang meliputi orang tua, guru, lingkungan dan pendidikan. Fakta pendidikan yang tergambar saat ini menunjukkan adanya pergeseran praktek nilai etik dalam kehidupan yang dimiliki oleh peserta didik. Hal ini dapat pula disebabkan oleh faktor interen peserta didik atau faktor diluar dirinya. Mengingat pentingnya penerapan nilai-nilai etika dalam berperilaku, khususnya terhadap praktek pendidikan, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep etika guru dan murid menurut pemikiran Hamka Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan filosofis untuk menganalisis teks sehingga mampu memperoleh kesimpulan secara mendalam. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA). Pemilihan tokoh tersebut karena HAMKA juga merupakan salah satu tokoh intelektual Indonesia yang telah membahas permasalahan ini, namun sangat jarang orang yang meneliti pemikirannya dalam permasalahan ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi yakni berupa karya HAMKA sebagi sumber utama dan karya lain yang relevan sebagai sumber sekunder. Sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analisis kritis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep etika guru dan murid menurut pemikiran Hamka mencakup pembahasan tentang: (1) Pandangan Hamka tentang penting profesi guru, (2) Etika guru dalam bekerja, (3) Etika guru tehadap murid, (4) Etika murid di dalam menuntut ilmu, (5) Etika murid kepada sesama pelajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Apr 2016 10:15
Last Modified: 28 Apr 2016 10:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28609

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo