UMM Institutional Repository

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG

SAMIANI, (2013) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samiani081-31657-1-pendahul-n.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samiani081-31657-2-babi.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bangsa Indonesia yang beragam antara ras, suku, budaya dan agama akan tetapi masih ada konflik antar beda agama atau beda pemahaman. Khususnya, SMK Telkom Sandhy Putra Malang dilihat dari guru, murid dan staff karyawan memiliki latar belakang yang berbeda, baik dari segi daerah ataupun agama yang dianutnya. Dari hal tersebut, pendidikan multikultural sangatlah berperan penting. Atas dasar inilah kemudian penelitian dilaksanakan di SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Ada tiga yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apa tujuan pelaksanaan Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telkom Sandhy Putra Malang, 2) apa sajakah yang bermuatan Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telkom Sandhy Putra Malang, 3) bagaimanakah implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis pendidikan Multikultural di SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan pelaksanaan, materi, dan implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data yang digunakan berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tahapan analisa data yang digunakan adalah tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa tujuan pelaksanaan pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Telkom Sandhy Putra Malang untuk menumbuhkan kepada siswa tentang kesadaran dan penghormatan terhadap kemajemukan dalam bangsa ini dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Materi yang bermuatan pendidikan multikultural dalam Pendidikan Agama Islam adalah materi anjuran toleransi pada QS. Al-Kafirun, QS. Yunus ayat 40-41 dan QS. Al-Kahfi ayat 29. Implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam diketahui bahwa di sekolah tersebut telah terlihat sikap toleransi dan saling menghormati tercermin di dalam perilaku siswa-siswa yang berlatar belakang beragam, baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan perilaku siswa dengan para guru dan karyawan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Apr 2016 10:05
Last Modified: 28 Apr 2016 10:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28607

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo