UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN KONSEP KEPEMIMPINAN PEREMPUAN MENURUT PANDANGAN TOKOH AISYIYAH DAN TOKOH FEMINISME DI KOTA MALANG

ZAKARIA, SONI (2014) PERBANDINGAN KONSEP KEPEMIMPINAN PEREMPUAN MENURUT PANDANGAN TOKOH AISYIYAH DAN TOKOH FEMINISME DI KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sonizakari-35569-1-pendahul-n.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sonizakari-35569-2-babi.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Isu perdebatan klasik terkait dengan kepemimpinan perempuan masih menjadi isu panas di tengah-tengah masyarakat. Melihat situasi dan kondisi politik di Indonesia dengan kesempatan serta peluang besar bagi perempuan maka menimbulkan pintu untuk diperdebatkan dari beberapa kalangan ulama 'dan feminisme khususnya di kota Malang. Malang adalah kota dengan heterogen yang didukung oleh beberapa perguruan tinggi dan menjadi salah satu faktor penting dalam munculnya pemimpin perempuan yang telah terdidik, sehingga manjadikan akses, peluang dan kesempatan bagi perempuan untuk mengaktualisasikan dirinya begitu lebar. Atas dasar itu, tulisan ini mencoba untuk meninjau kembali konsep isu kepemimpinan perempuan dengan beberapa pandangan tokoh menurut gerakan perempuan Aisyiyah dan tokoh feminis di kota Malang. Dengan melalui penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan cara wawancara secara langsung terhadap informan dan dengan literatur dari beberapa buku, maka dalam penelitian ini dapat melihat perbedaan dengan jelas konsep kepemimpinan perempuan bahwa Aisyiyah lebih mengutamakan kepemimpinan dalam keluarga terlebih dahulu dan menyiapkan anak-anaknya sebagai generasi penerus, baru kemudian mengaktualisasikan dirinya di ranah publik termasuk dalam hal memimpin. Sedangkan menurut tokoh feminisme urusan keluarga dan mengurus anak adalah tugas bersama dengan perlu adanya komunikasi yang simetris, sehingga peran perempuan dalam memimpin di luar lebih banyak kesempatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Family Law (Ahwal Syakhshiyyah) (74230)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Apr 2016 09:18
Last Modified: 28 Apr 2016 09:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28601

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo