UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA ILOMATA KOTA GORONTALO

WARTABONE, SAFIRA (2014) EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA ILOMATA KOTA GORONTALO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-safirawart-34436-1-pendahul-n.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-safirawart-34436-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pelayanan sosial di dalam panti merupakan salah satu bentuk kegiatan yang di lakukan oleh lembaga sosial baik pemerintah ataupun swasta dalam rangka memberikan pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar manusia, memberikan bimbingan dan pembinaan keterampilan dan sebagainya untuk membantu mereka para penyandang masalah sosial. Lanjut usia adalah salah satu masalah sosial yang tidak dapat kita hindari. Melihat semakin tingginya angka harapan hidup maka pemerintah berupaya untuk mendirikan atau menyediakan wadah yang di beri nama Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) sebagai tempat bagi mereka para lanjut usia miskin ataupun terlantar. Di Gorontalo sendiri telah di bangun satu PSTW milik pemerintah yang di beri nama panti ILOMATA untuk memberikan pelayanan secara maksimal terhadap para penyandang masalah sosial dalam hal ini adalah lanjut usia. Fungsi dan tugas PSTW Ilomata sama halnya dengan PSTW-PSTW di Indonesiayaitumemberikanpelayananterhadaplanjutusiagunamemenuhisegala kebutuhan lanjut usia baik fisik maupun mental. Dalam skripsi ini, penulis melakukan penelitian di Panti Sosial Tresna Werdha Ilomata di kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengambilan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisa data menggunakan metode pengumpulan data,reduksi data,dan penarikan kesimpulan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan sosial di dalam panti yang di lakukan oleh PSTW Ilomata kota Gorontalo terhadap lanjut usia di kota Gorontalo. Diharapkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat memberikan masukan untuk meningkatkan pelayanan sosial yang dilakukan oleh PSTW Ilomata kota Gorontalo terhadap lanjut usia di kota Gorontalo. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pelayanan kesejahteraan sosial yang terjadi di PSTW Ilomata kota Gorontalo adalah pelayanan pemenuhan kebutuhan fisik seperti pemenuhan fasilitas tempat tinggal, dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti makan,minum & air bersih. Untuk pelayanan non fisik seperti pembinaan-pembinaan lebih lanjut di PSTW Ilomata kota Gorontalo ini tidak berlangsung sebagaimana mestinya dikarenakan PSTW Ilomata tidak memiliki sumber daya manusia yang bekerja profesional sesuai dengan bidangnya (Pekerja sosial,Dokter dan Perawat). Untuk itu dapat dikatakan bahwa pelayanan kesejahteraan sosial lanjut usia di PSTW Ilomata kota Gorontalo belumefektiv. Sebaiknya pemerintah kota Gorontalo juga menyediakan SDM yang bekerja sesuai dengan bidangnya seperti Pekerja sosial,Dokter dan Perawat. Hal ini juga di dukung oleh belum adanya kurikulum baku tentang materi bimbingan, sehingga menyebabkan petugas kesulitan dalam memberikan pelayanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare (72201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:31
Last Modified: 28 Apr 2016 06:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28563

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo