UMM Institutional Repository

"ETNOSENTRISME DALAM PERKAWINAN KOMUNITAS KETURUNAN ETNIS ARAB DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI KASUS DI KAMPUNG ARAB KOTA MALANG)"

ABDULLAH, (2014) "ETNOSENTRISME DALAM PERKAWINAN KOMUNITAS KETURUNAN ETNIS ARAB DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI KASUS DI KAMPUNG ARAB KOTA MALANG)". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdullah08-35502-1-pendahul-n.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdullah08-35502-2-babi.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengenai pernikahan dengan sistem perjodohan pada warga keturunan arab di kota malang.Tujuan manusia di dunia ini adalah untuk berkembang dengan cara melangsungkan perkawinan, Perkawinan merupakan fungsi pokok untuk menentukan siapa yang dapat berhubungan seksual dengan siapa. Hal ini bertujuan untuk dapat mempunyai keturunan dan keluarga. Warga keturunan arab lebih mengutamakan agama lebih mengutamakan keagamaan daripada bidang lainnya. Pada warga keturunan arab, ada yang disebut dengan bangsa atau fam, seperti marga dalam keturunan tionghoa. Bangsa tersebut bisa diketahui dari nama bekalang seseorang misalnya Abdullah Munabari berarti, Abdullah adalah nama seseorang dan munabari merupakan bangsa. Dalam penelitian ini masyarakat kampung arab jagalan melakukan endogami dengan batasan endogami agama dan endogami suku/ keturunan. Penerapan larangan perkawinan tersebut karena adanya anggapan jika perkawinan dilakukan dengan seseorang yang tidak berasal dari keturunan Arab maka keturunan yang dihasilkan bukan lagi menjadi keturuna arab. Budaya pernikahan diatur masyarakat keturunan arab tidak bisa hilang karena sejak dahulu pernikahan diatur dianggap bisa membahagiakan anak, walaupun saat ini tidak demikian, anak ingin menikahi seseorang yang dicintai. Namun para orang tua tidak pernah mau tahu akan hal itu, yang penting anak harus menikah dengan pilihan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.Cara pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara.Pada penelitaian kualitatif ini, analisis data dilakukan sejak penelitian sudah melakukan penelitian terhadap subyek penelitian di lapangan. Pada prinsipnya analisis data merupakan sejumlah aktifitas yang dilakukan oleh peneliti ketika proses pengumpulan data atau informasi berlangsung, sampai pada penarikan kesimpulan berupa konsep atau hubungan antarkonsep. Seperti yang dialami oleh ketiga responden, mereka awalnya menikah dengan laki-laki pilihan orang tuanya.Awalnya tidak saling mengenal, bahkan mereka bertemu saat acara lamaran, beberapa hari sebelum menukah dan itupun tidak ada interaksi maupun komunikasi. Setelah menikah, mere berdua saling mengenal satu sama lain dengan cara beradaptasi mengenai bagaimana kesukaan, makanan favorit, latar belakang, kebiasaan, watak, karakteristik dan lain sebagainya. Meskipun mayoritas yang mengalami kegagalan dalam kehidupan rumah tangganya dengan pernikahan akibat perjodohan akhir-akhir ini, namun warga keturunan arab kota malang masih memegang kebudayaan menjodohkan anaknya dengan warga keturunan arab pula, akrena masih meyakini bahwa pilihan orang tua adalah yang terbaik untuk anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:28
Last Modified: 22 Feb 2018 06:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28558

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo