UMM Institutional Repository

PENGARUH TAYANGAN REALITY SHOW MASIH DUNIA LAIN DI TRANS 7 TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA MISTIS (Studi Pada Masyarakat di Kelurahan Jelakombo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang)

PRADANA W, AGYAN (2012) PENGARUH TAYANGAN REALITY SHOW MASIH DUNIA LAIN DI TRANS 7 TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA MISTIS (Studi Pada Masyarakat di Kelurahan Jelakombo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agyanprada-30245-1-pendahul-n.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agyanprada-30245-2-babi.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Media televisi mempunyai daya tarik yang lebih tinggi sebagai media elektronik, dibandingkan dengan radio yang sifatnya auditif (hanya dapat didengar) sedangkan televisi memiliki unsur visual atau gambar bergerak (moving picture) sehingga segalanya seolah-olah terlihat “hidup” dan audiens merasa seperti ikut didalamnya. Tayangan reality show Masih Dunia Lain menjadi sebuah fenomena yang marak kembali. Hal ini dikarenakan kulture budaya Indonesia yang masih mempercayainya. Oleh karenanya dalam penelitian ini akan dilihat pengaruh antara tayangan Masih Dunia Lain Trans7 dengan tingkat kepercayaan masyarakat pada mistis. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori norma budaya dan cultivasi untuk menganalisa masalah. Kedua teori menjelaskan adanya hubungan antara pengaruh tayangan televisi dengan konsep berfikir serta prilaku masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat dewasa (lembaran negara tahun 1931 No.54) yang ada di Kelurahan Jelakombo, yakni usia 21 tahun- 50 tahun. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh tayangan ”Masih Dunia Lain” di Trans7 terhadap kepercayaan masyarakat Kelurahan Jelakombo Jombang pada mistis. Besarnya pengaruh tayangan ”Masih Dunia Lain” di Trans7 terhadap kepercayaan masyarakat Kelurahan Jelakombo Jombang pada mistis dapat diketahui dari koefisien regresi, dimana hasil analisis diperoleh hasil sebesar 0,903. Koefisien regresi bertanda positif tersebut menunjukkan pengaruh tayangan ”Masih Dunia Lain” di Trans7 berpengaruh searah terhadap kepercayaan masyarakat Kelurahan Jelakombo Jombang pada mistis. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin sering, semakin lama dan semakin antusias masyarakat dalam menonton tayangan ”Masih Dunia Lain” di Trans7, maka menyebabkan semakin besar kepercayaan masyarakat Kelurahan Jelakombo Jombang pada mistis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:45
Last Modified: 28 Apr 2016 04:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28535

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo