UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN PROGRAM SIARAN ALA CHEF TERHADAP PEMAHAMAN PROFESI CHEF DI KALANGAN SISWA JURUSAN TATA BOGA (Studi Pada Siswa SMK Negeri 1 Turen Jurusan Tata Boga)

Puspitasari, Ariek Ira (2012) PENGARUH TERPAAN PROGRAM SIARAN ALA CHEF TERHADAP PEMAHAMAN PROFESI CHEF DI KALANGAN SISWA JURUSAN TATA BOGA (Studi Pada Siswa SMK Negeri 1 Turen Jurusan Tata Boga). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariekirapu-30304-1-pendahul-n.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariekirapu-30304-2-babi.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh munculnya salah satu program siaran memasak yang mendapat respon positif dari pemirsa. Program ini merupakan acara yang cukup menghibur penonton dari semua kalangan, karena menyajikan keahlian seorang chef dengan berbagai masakan yang diolah secara mudah dan dalam waktu yang cukup singkat. Ala Chef ini menghibur para penonton setianya setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 09.45 s/d 10.45 WIB. Selain sebagai hiburan untuk para penonton setianya, acara ini juga memberikan edukasi tentang bagaimana seorang chef bisa mengolah masakan dengan hasil yang memuaskan. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu adakah pengaruh terpaan program siaran Ala Chef terhadap pemahaman profesi chef di kalangan siswa jurusan tata boga? Dan seberapa besar pengaruh terpaan program siaran Ala Chef terhadap pemahaman profesi chef di kalangan siswa jurusan tata boga?. Dari rumusan masalah tersebut maka tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh terpaan program siaran Ala Chef terhadap pemahaman profesi chef di kalangan siswa jurusan tata boga. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori Efek Terbatas, yaitu sebuah pesan belum tentu mampu membawa publik bertindak, karena publik tidak bisa dengan sendirinya bisa dipengaruhi hanya oleh isi pesan. Publik memiliki karakteristik psikologis dan sosial tertentu yang menentang isi-pesan tersebut, walaupun mungkin juga sebagian dari publik memiliki karakteristik yang mungkin mendukkung isi pesan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksplanatif karena peneliti ingin menggambarkan suatu generalisasi atau menjelaskan hubungan satu variabel dengan variabel lain. Disini peneliti menggunakan populasi tertentu yakni seluruh siswa kelas 1 jurusan tata boga sejumlah 61 siswa. Dari sini peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuisioner dan melakukan observasi. Disamping itu peneliti menggunakan teknik analisis data dengan rumus persamaan regresi untuk mengetahui pengaruh antara varibel terpaan program siaran Ala Chef (variabel X) terhadap pemahaman profesi chef (variabel Y), serta menggunakan rumus koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya pengaruh dari adanya terpaan program siaran Ala Chef terhadap pemahaman profesi chef dan disini peneliti juga menggunakan rumus t hitung untuk uji signifikasi mencari makna dari hubungan 2 variabel X terhadap Y. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil perhitungan, di dapatkan sebuah kesimpulan bahwasanya ada pengaruh terpaan program siaran Ala Chef terhadap pemahaman profesi chef di kalangan siswa jurusan tata boga sebesar 37,903. Dan besarnya pengaruh terpaan program siaran Ala Chef terthadap pemahaman profesi chef di kalangan siswa jurusan tata boga sebesar 0,391.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:39
Last Modified: 28 Apr 2016 04:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28527

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo